Kegiatan Kolektif Guru Kismantoro Susun RPP Daring Kreatif

Kegiatan Kolektif Guru Kecamatan Kismantoro pada kesempatan kali ini dilaksanakan melalui vicon yang diikuti oleh 5 kelompok  yaitu KKKS Kismantoro, KKG Gugus Abhinaya, KKG Gugus Jenderal Soedirman, KKG Guru Mapel Penjas, dan KKG Guru Mapel PAI. Acara vicon dibuka pada pukul 09.15 oleh  Sukimin, guru Kelas SDN 2 Gambiranom sebagai host dengan jumlah peserta yang telah hadir 115 orang (Sabtu, 27/2/2021).

Diawali dengan mendengarkan  Lagu Kebangsaan Indonesia Raya  3 stanza, yang dilanjutkan dengan sambutan dari ketua KKG Abhinaya Kecamatan Kismantoro. Dalam sambutannya, Wiyadi, dari SD Negeri 3 Gesing mengatakan bahwa setiap guru wajib dan harus mampu  membuat RPP secara mandiri. Banyak RPP yang bertebaran  di web-web yang bisa kita temui dan donwloud. Tapi itu semua adalah hasil karya orang lain. Sehingga jika kita terapkan di kelas kita kemungkinan tidak sesuai dengan keadaan di SD kita masing-masing. Maka dari itu kita harus berusaha memproduksi sendiri RPP yang akan kita laksanakan di kelas.

Kegiatan inti oleh Sutrino, dipandu moderator bapak Iwan Guntoro dari SD Negeri 3 Miri menguarai tentang RPP selama 1 jam 15 menit. Di mana RPP adalah hal yang utama dalam pembelajaran. Perangkat pembelajaran lain ada silabus, prota dan promes. Untuk membuat RPP satu lembar tetap sesuai dengan kaidah-kaidah RPP. Membuat RPP harus selaras dengan silabus. Karena RPP berawal dari silabus. Maka dari itu kita harus mempunyai silabus terlebih dulu dengan benar.

Komponen RPP harus lengkap. Tujuan pembelajaran perlu memasukkan hasil pembelajaran. Dalam merumuskan tujuan harus memuat siswa, behavior, aktivitas dan perilaku yang diharapkan. Tujuan masuk literasi dan karakter pendidikan. Diantara Langkah-langkah pembelajaran yang harus dilaksanakan adalah: guru membiasakan literasi 15 menit,  penguatan karakter, menyanyikan lagu nasional atau daerah.

Secara umum dapat dirumuskan hal sebagai berikut. Langkah pertama adalah pendahuluan, kegiatan awal untuk membangkitkan motivasi dan perhatian siswa. Langkah inti adalah inti pembelajaran. Pendekatan scientific dan metode lain yang sesuai dengan situasi dan kondisi pembelajaran. Kegiatan penutup adalah kegiatan akhir pembelajaran membuat rangkuman dan refleksi. Penilaia ada 3 yaitu: penialai sikap, penilaian pengetahuan dengan tertulis, tanya jawab dan penugasan. Penilaian keterampilan dengan praktik, produk, portofolio dan proyek. Setelah isian materi dilanjutkan sesi tanya jawab kemudian kegiatan diakhiri oleh moderator pukul 11.15 WIB.