PERUBAHAN TK SWASTA KE DESA
 

No. KOMPONEN URAIAN
1. Dasar Hukum 1.  Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003   tentang Sistem Pendidikan Nasional

2.  Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014   tentang Pemerintahan Daerah

3.  Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

4.  Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah

5.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini;

6.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 84 Tahun 2015 tentang Pendirian dan penutupan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

7.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 32 Tahun 2018 tentang  Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan;

8.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2018 tentang Penyediaan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini;

9.  Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 22 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Daerah Kabupaten Wonogiri Tahun 2016 Nomor 21);

2.

 

Persyaratan 1.     Persyaratan Administrasi

a. Foto copy Identitas diri

b. Surat Keterangan domisili dari Kepala Desa/Kelurahan

c. Susunan Pengurus dan  rincian tugasnya

2.     Persyaratan teknis  pendirian  PAUD

a.  Hasil studi Kelayakan

b.  Rencana Induk Pengembangan (RIP ) yang memuat :

•        Visi dan misi

•        Kurikulum tingkat satuan Pendidikan

•        Sasaran usia peserta didik

•        Pendidik dan tenaga kependidikan

•        Sarana dan Prasarana

•        Struktur organisasi

•        Pembiayaan

•        Pengelolaan

•        Peran serta masyarakat

•        Rencana pentahapan pelaksanaan pengembangan selama 5 tahun

3.     Rencana pencapaian standar penyelenggaraan  PAUD paling lama 3 tahun

4.     Dokumen pendukung lainnya  apabila diperlukan

3. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur  

1.     Rapat koordinas antara sekolah dan yayasan

2.     Rapat Koordinas Tingkat Kecamatan  melibatkan Camat, Lurah unsur  pendidikan tokoh masyarakat  dll.

3.     Draf Proposal /usulan Perubahan TK dan  usulan  ijin penggunaan lahan

4.     Verifikasi dan Pendampingan penyusunan proposal

5.     Pengiriman  proposal

6.     Rapat koordinas  membahan usulan perubahan  TK

7.     Studi Kelayakan

8.     Rapat koordinasi  tim Verval

9.     Draf SK Bupati tentang  Penetapan TK Negeri

10.  Penyusunan Draf SK Bupati tentang ijin pemanfaatan lahan

11.  SK Bupati tentang  Penetapan TK Negeri

12.  SK Bupati tentang ijin pemanfaatan lahan

13.  Usul untuk mendapatkan /merubah data npsn

14.  Usul / edit data dapodik

15.  Persiapan  /penyesuaian/awal pembelajaran

4. Jangka Waktu Pelayanan 1.    15 Hari kerja

Pembuatan Rekomendasi Pendirian Satuan Pendidikan PAUD,PNF,SD Swasta, SMP Swasta paling lambat selesai 15 hari jika dokumen telah lengkap dan memenuhi syarat serta pejabat yang mengesahkan berada di tempat, jika tidak berada di tempat atau sedang melaksanakan tugas kedinasan maka petugas/staf akan memberikan kabar waktu kapan surat Rekomendasi bisa diambil

2.    Waktu Pelayanan

1.    Senin – Kamis : 07.00 AM – 15.30 PM

2.    Jum’at              : 07.00 AM – 11.00 AM

5. Biaya/tarif

 

Tidak dipungut Biaya (Gratis)
6. Produk Pelayanan

 

Surat Rekomendasi Perubahan Status Satuan Pendidikan PAUD,PNF,SD Swasta ke Negeri
7. Sarana Dan Prasarana •      Gedung kantor

•      Halaman parkir

•      Ruang tunggu

•      Ruang pelayanan berpendingin udara  dan  kursi tamu

•      Mushalla

•      Ruang Laktasi/ Ibu Menyusui

•      Toilet

•      Telepon

•      Wi-Fi

•      Komputer dan printer

•       Seperangkat alat tulis

8. Kompetensi Pelaksana •      Pendidikan  :  Jenjang  DIV atau S1

•      Bidang Ilmu : Manajemen/Administrasi/Psikologi atau bidang lain yang relevan

•      Memahami  tentang Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

•      Memahami  tentang hukum

•      Punya kepedulian yang tinggi terhadap Pendidikan

•       Bisa mengoperasikan komputer

9. Pengawasan Internal •       Pengawasan dilakukan  secara  berjenjang  oleh Kepala Dinas, Sekretaris Kepala Bidang PAUD dan PNF, Kepala Seksi Terkait dan Kepala Subbag Umum dan Kepegawaian
10 Penanganan Pengaduan, saran dan masukan

 

1.    Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan melalui:

•        Datang langsung

•        Kotak saran

•        Surat; dengan ditujukan kepada:

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Jl. Diponegoro KM. 3, Bulusulur,

Wonogiri 57651

•        Telp (0273) 321121

•        Email  : dinaspdank@wonogirikab.go.id

•        Whistleblower System (WBS)

Whistleblower

•        Halo Mas Jekek

https://www.lapor.go.id/

2.    Petugas penerima/pengelola pengaduan

•        Petugas pengaduan :

Novica Kusuma Anggraeny, A.Md.

Lokasi :

Pusat Pelayanan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Jl. Diponegoro KM. 3, Bulusulur,

Wonogiri 57651

11. Jumlah Pelaksana 2 (dua) Orang
12. Jaminan Pelayanan •       Pelayanan  diberikan secara cepat, tepat,  lengkap dan sesuai prosedur.

•      Apabila   terjadi   pelanggaran  terhadap   standar pelayanan     yang    dilakukan   oleh    pelaksana pelayanan  maka akan diberikan sanksi, yaitu mulai dari teguran lisan, teguran tertulis dan seterusnya, sesuai jenis/  bobot  pelanggaran dan  ketentuan yang berlaku.

13. Jaminan Keamaan Dan Keselamatan Pelayanan •       Informasi  yang  diberikan  dijamin   keabsahannya dan dapat dipertanggungjawabkan.

•       Pelayanan     dilaksanakan   di    ruangan    kantor pemerintah   dengan   jaminan   keamanan   dan keselamatan sesuai standar  sarana prasana yang berlaku.

14. Evaluasi Kinerja Pelaksana •       Dilakukan  rapat   staf   yang  dihadiri  oleh  Kepala Dinas, Kabid, Kasi, Kasubbag dan staf,    minimal 1 (satu) kali  dalam 1 (satu) bulan;

•       Survei Kepuasan Masyarakat dilakukan 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun;

•       Evaluasi    penerapan     standar     pelayanan ini senantiasa  dilakukan  untuk   perbaikan,   menjaga dan  meningkatkan  kinerja  pelayanan dan  kualitas pelayanan publik.