Wonogiri Sabet Tiga Piala di Pesta Siaga Binwil Surakarta

Kontingen Pesta Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Wonogiri sukses menyabet tiga piala dalam Pesta Siaga Binwil Surakarta tahun 2023. Kegiatan ini digelar di SMA Negeri 3 Sukoharjo pada Sabtu, 11 Maret 2023 dari pagi sampai sore hari. Kwarcab Wonogiri mengirimkan enam barung dalam Pesta Siaga kali ini, terdiri dari tiga barung putra dan tiga barung putri. Ketiga barung putra tersebut adalah Barung Merah dari SD Negeri 1 Randusari Slogohimo, Barung Biru dari SD Negeri Ngringin Giritontro, dan Barung Merah dari SD Negeri 2 Baturetno. Sedangkan barung putri adalah Barung Biru dari SD Negeri 2 Jatiroto, Barung Merah dari MIM Bedingin Tirtomoyo, dan Barung Putih dari SD Negeri 1 Kenteng Purwantoro.

Pesta Siaga Binwil Surakarta tahun 2023 digelar di Kabupaten Sukoharjo, sesuai dengan urutan tingkat Karesidenan Surakarta. Sebelumnya, kegiatan serupa digelar di Kota Surakarta dan pada tahun 2024 digelar di Kabupaten Klaten. Kegiatan yang diikuti oleh 336 Pramuka Siaga dari Sukoharjo, Klaten, Wonogiri, Surakarta, Sragen, Karanganyar dan Boyolali ini dibuka oleh Agus Santosa, Ketua Kwarcab Sukoharjo. “Selamat datang di Sukoharjo Makmur dan jadilah Pramuka Siaga yang Berbudaya, Berkarakter, dan Berjiwa Merdeka”, kata Agus dalam sambutannya. Terdapat banyak taman dalam Pesta Siaga di Sukoharjo ini. Taman tersebut adalah Taman Takwa kepada Tuhan, Kerapian Berpakaian, KIM Lihat, Scouting Skills, Budaya Jawa, Darts Match, Estafet Bola, Pentas Besar, Bumbung Kemanusiaan, dan Kebersihan Lingkungan.

Para peserta sangat bersemangat dan bergembira mengikuti kegiatan ini. Tampak, seluruh peserta menampilkan yel-yel barung mereka. Para pembina pendamping juga tak kalah semangat. Mereka terus memberikan arahan bagaimana cara bermain yang baik di setiap taman. Hasilnya, Kontingen Pesta Siaga Kwarcab Wonogiri berhasil membawa tiga piala. Ketiga piala tersebut berhasil diraih oleh SD Negeri 1 Randusari sebagai tergiat 2 putra, SD Negeri 2 Ngringin sebagai tergiat 3 putra, dan SD Negeri 2 Baturetno sebagai tergiat 5 putra. (RSy)