Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Giritontro Persiapkan Diri Hadapi AKM

Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Giritontro bersama Kelompok Kerja Kepala Sekolah melaksanakan pengimbasan bimtek tentang Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 12 Oktober 2021 di Gedung KPRI Sedar Kecamatan Giritontro dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pengimbasan ini diikuti oleh proktor dari masing-masing sekolah sejumlah 17 sekolah, dan pengurus harian Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Giritontro.

Korwilcam Bidik Giritontro, Tarto dalam pengantarnya menyampaikan beberapa hal penting kepada para peserta. Tarto menyampaikan bahwa proktor sebaiknya selalu mengupdate setiap perkembangan informasi tentang AN/AKM, proktor selalu berbagi informarsi dan kompetensi yang dimiliki pada sesama proktor, proktor selalu berkoordinasi dengan sekolah penyelenggara dan teknisi yang ada, proktor mengidentifikasi setiap masalah teknis yang ditemui pada saat simulasi, selalu berdiskusi ketika terdapat masalah teknis untuk mencari solusi/ mengatasinya, dan terus meningkatkan kemampuan teknis dan memastikan ketika pelaksanaan benar-benar siap termasuk  mengatasi  semua kendala sesuai kapasitasnya sebagai proktor.

Kegiatan ini menghadirkan Risky Sulih Saputra sebagai narasumber. Pada kesempatan ini, Risky Sulih Saputra memberikan materi-materi pokok dengan langsung melakukan praktik. Risky mempraktikkan cara-cara pembagian sesi peserta AN, tata cara mengunduh kartu login survey lingkungan belajar untuk guru dan kepala sekolah, serta mengatasi kendala-kendala yang mungkin terjadi. Semua dijelaskan dengan lengkap oleh narasumber yang mahir di bidang teknologi informasi ini.

Pengimbasan ini diikuti dengan antusias oleh semua peserta. Hal ini terlihat dari antusiasnya peserta menyimak penjelasan narasumber dari pukul 09.00 WIB  dan selesai pada pukul 11.00 WIB. Segala kesulitan yang dialami peserta dipecahkan bersama oleh narasumber bersama seluruh peserta yang lain. Di akhir kegiatan, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Giritontro berharap seluruh sekolah segera mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk pelaksanaan AKM tahun 2021 ini.