WILAYAH BIDANG PENDIDIKAN NGADIROJO BANGUN SILATURAHMI TANPA BATAS

Covid-19 menjadi pandemi di tahun ini. Penularan yang cepat terhadap manusia mengharuskan kita harus senantiasa menjaga kebersihan, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak dengan manusia lainnya. Segala kegiatan di tengah masyarakat harus dilakukan berdasarkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Sosial distancing di tengah pandemi Covid 19 tidak menghalangi Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Ngadirojo untuk melakukan silaturahmi secara virtual pada hari Rabu, 3 Juni 2020. Silaturahmi dilakukan melalui kegiatan webinar yang terselenggara atas kerjasama antara Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Ngadirojo, KKKS Kecamatan Ngadirojo, dan FKKG Kecamatan Ngadirojo. Silaturahmi yang tidak biasa ini dilakukan melalui vicon (webex)  dan live streaming melalui youtube dengan peserta pengawas, kepala sekolah, guru dan karyawan pendidikan di kecamatan Ngadirojo dan beberapa peserta dari kecamatan lain di Wonogiri.

Acara dibuka oleh host dan dilanjutkan sambutan oleh Karjana, S.Pd., Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Ngadirojo. Acara juga diisi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd. Dalam sambutannya Kepala Dinas P dan K Wonogiri memaparkan beberapa poin tentang persiapan menghadapi new normal diantaranya tentang kriteria sarana kelas dan lingkungan sekolah seperti jarak antar meja, penyediaan sarana cuci tangan, sterilisasi kelas, dan penerapan protokol kesehatan dalam menghadapi covid 19.

Acara inti dari kegiatan silaturahmi ini menghadirkan Ustaz Wijayanto, seorang dosen dari Universitas Gajah Mada dan beberapa universitas swasta di Yogyakarta. Beliau menyampaikan beberapa pesan di antaranya, jangan mimpi masuk surga jika memutuskan hubungan rahim. Kita harus segera berbuat baik karena kematian akan datang secara tiba-tiba. Hal yang tidak diketahui manusia antara lain “Waktu”, sampai kiamat manusia tidak akan pernah tahu matiya kapan, yang kedua adalah “Tempat di mana kita akan mati”, manusia tidak akan pernah tahu di mana ia akan mati, dan yang ketiga adalah “Sebab Kematian” yang mana hanya Allah yang  tahu rahasia sebab kematian seseorang. Ingat-ingat kebaikan manusia jangan mengingat keburukannya. Tolaklah keburukan orang lain dengan kebaikan agar tumbuh cinta dan iman pada diri manusia.

Begitulah inti dari kegiatan silaturahmi melalui webinar di lingkungan Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Ngadirojo. Dengan kegiatan ini silaturahmi dalam keluarga besar Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Ngadirojo khususnya akan tetap terjaga di tengah pandemi Covid 19 yang sedang melanda dunia. Besar harapan dari mereka agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga aktivitas dapat kembali normal seperti sedia kala.