Webinar MGBK SMP Subrayon 04 Angkat Topik Menarik

MGBK Subrayon 04 Jatisrono Kabupaten Wonogiri mengadakan Kegiatan Kolektif Guru bagi seluruh Guru BK pada Jumat, 5 Maret 2021. KKG dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB secara daring. Kegiatan dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan aplikasi google meet. Dalam pertemual virtual ini dipandu oleh Novia Wahyu W (Guru BK SMPN 3 Jatisrono) dilanjutkan dengan sambutan oleh Nuriah Halleyda (Guru BK SMP Negeri 2 Jatisrono) selaku ketua MGBK SMP Subrayon 04 Jatisrono,  dan dua narasumber yaitu Bondan Novitasari (Guru BK SMP N 1 Jatisrono ) dan Rosita Dian Wardhany (Guru BK SMP Negeri 3 Sidoharjo).

Dari 37 anggota, hadir  pada daring ini sejumlah 27 orang. Kegiatan ini diawali dengan sambutan   oleh Ketua MGBK SMP Subrayon 04 dengan memberikan penyampaian bahwa meski dalam masa pandemi Covid-19 semangat guru BK tidak boleh menurun justru harus meningkat dengan tetap menjalankan tugas sesuai tupoksinya, Guru BK mempersiapkan layanan bimbingan karier untuk persiapan study lanjut kelas IX. Penjelasan tentang zonasi dan permohonan keaktifan semua guru BK dalam setiap kegiatan KKG dalam meningkatkan  kompetensi dan pengembangan MGBK baik melalui daring ataupun luring.

Narasumber yang pertama adalah Bondan Novitasari memaparkan tentang langkah-langkah yang harus dilaksanakan Guru BK terkait dengan perencanaan individual dalam mengantarkan ke masa depan yang lebih baik. Ibu Bondan juga menyampaikan administrasi yang harus dimiliki oleh Guru BK, dan mencatat sekecil apapun kejadian yang terjadi dan tindakan yang dilakukan oleh Guru BK. Tujuannya adalah jika diakhir tahun pelajaran ada anak yang tidak melaksanakan kewajiban selama menepuh pendidikan dan upaya bimbingan serta konseling dari Guru BK sudah maksimal, Guru BK memiliki bukti secara tertulis tentang perkembangan peserta didik tersebut.

Pemateri yang kedua Rosita Dian Wardhany, memaparkan tentang keberhasilan layanan Bimbingan Konseling di sekolah yang tidak terlepas dari berbagai pihak. Kegitan-kegiatan dalam komponen dukungan sistem antara lain: pengembangan jejaring, kegiatan manajemen, riset dan pengembangan dengan tetap memperhatikan asas dan prinsip layanan BK sesuai dengan Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014.

Sesuai dengan topik pertemuan “Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem” hasil dari pertemuan KKG ini diharapkan Guru BK Subrayon 04 mempersiapkan action plan dalam layanan perencanaan individual dan dukungan sistem  dalam membantu siswa dalam merencanakan masa depannya. Meskipun di masa pandemi dengan model pembelajaran jarak jauh, empat komponen layanan BK berupa layanan dasar, layanan responsif, layanan peminatan dan perencanaan individual serta layanan dukung sistem harus tetap berjalan sesuai porsinya.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan sharing mengenai kendala yang dihadapi guru BK dalam memberikaan layanan perencanaan individual dan dukungan sistem selama masa pandemi. Hasil akhir KKG paket 1 pertemuan ketiga diharapkan guru BK memiliki administrasi semua layanan yang dilakukan. Termasuk pelaporan dalam layanan perencanaan individual dan dukungan sistem di masa PJJ sesuai kondisi sekolahnya masing-masing.