Webinar Karangtengah Virtual Learning (KARVIL) Tema “Guru Berkarya Bukan (Sekedar) Bekerja”

Masa pandemi tidak menyurutkan semangat dari Tim Kreatif Kecamatan Karangtengah untuk berbagi dan belajar dari berbagai sumber. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya kegiatan seminar dalam jaringan (daring) dengan tema “Guru Berkarya Bukan (Sekedar) Bekerja” (Jumat, 28 Agustus 2020).

Tim Kreatif Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Karangtengah yang diketuai oleh Drs. Saptono tersebut menghadirkan narasumber seorang tokoh yang sangat populer di Wilayah Kabupaten Wonogiri, yakni Ibu Bupati Wonogiri, drh. Verawati Joko Sutopo, M.Sc. Beliau juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonogiri.

Webinar kali ini dilaksanakan secara terbuka dengan memberikan kesempatan bagi seluruh komponen pendidikan dan lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif, sehingga para siswa, orang tua siswa, guru, pegawai lintas instansi maupun masyarakat umum dapat mengikuti webinar dengan mengakses link melalui http://bit.ly/karvil_guruberkarya dengan aplikasi Cisco Webex.

Acara webinar dimulai dengan sambutan Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Karangtengah Suwarmo, S.Pd, M.Pd selaku pembina kegiatan. Adapun koordinator pelaksana adalah Drs. Saptono. Koordinator Teknis         terdiri dari : Tulus Winarno, S.Pd., Anton Bayudi, S.Pd.SD., dan Suyatno, S.Pd.SD.  webinar dipandu oleh Sri Utami, S.Pd.SD sebagai Host dan Siti Marasnah, S.Pd.SD sebagai Moderator, sedangkan Pengarah Acara adalah Suparlinda Andarini, S.Pd.SD.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd berkenan memberikan sambutan dan dukungan penuh bagi Tim Kreatif Karangtengah dalam berkarya maupun bekerja, utamanya kegiatan webinar yang luar biasa ini.

Dalam paparannya, drh. Verawati Joko Sutopo, M.Sc. menyampaikan materi yang sangat menarik dan berkaitan dengan kondisi saat ini. Peran guru dan orang tua terhadap kebiasaan belajar anak di masa pandemi sangatlah penting. Kupasan materi yang berlangsung mulai pukul 08.00-11.00 WIB tersebut memberikan pemahaman baru dan solusi bagaimana sebaiknya Belajar Dari Rumah (BDR).

Peserta sebanyak 214 orang mengikuti webinar dari awal hingga berakhirnya kegiatan. Pada sesi akhir, drh. Verawati Joko Sutopo, M.Sc. menekankan bahwa fokus utama kegiatan webinar adalah pentingnya upaya dan langkah guru untuk memperhatikan kondisi siswa selama masa pandemi serta peranan orang tua dalam mendampingi belajar anak yang  menjadi guru di rumah, sehingga terbentuk kepribadian anak berdasarkan bakat dan minatnya serta senantiasa memberikan pembiasaan yang positif agar tumbuh kembang anak menjadi maksimal.