Webinar Administrasi Kelas Gugus Teratai Wonogiri

Pengurus Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Teratai Kecamatan Wonogiri yang bekerja sama dengan Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Wonogiri, kembali mengadakan vicon (Jumat, 16/4/2021) dengan materi Administrasi Kelas. Kegiatan ini diikuti 9 SD di Gugus Teratai. Para guru yang ikut bergabung melalui microsoft teams sebanyak 69 peserta. Pada acara ini pengurus mendatangkan Sukatmi sebagai narasumber. Kemudian Sigit Purnomo selaku host membuka acara pada pukul 09.00 WIB dan menyerahkan jalannya acara kepada Agatha Andaning sebagai moderator untuk memandu jalannya vicon.

Di awal penyampaiannya, Sukatmi mengucapkan selamat melaksanakan ibadah puasa bagi seluruh umat Islam, kemudian narasumber menyampaikan tujuan vicon saat ini yaitu Administrasi Kelas. Peserta diharapkan untuk mengingat-ingat kembali pembelajaran yang sudah dilaksanakan sesuai ketentuan di masa pandemi. Tidak lupa beliau mengingatkan para guru untuk mengerjakan pengelolaan kelas secara baik, dan bagi yang belum agar bekerja lebih baik lagi. Pada kesempatan ini, Sukatmi memberikan pembinaan disiplin kerja ASN, dengan diterapkannya presensi “Hadirku” dan berharap agar tidak ada rekayasa foto. Selain itu, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) juga harus dilaksanakan secara maksimal dan menjadikan PJJ ini sebagai sarana bertemu dengan teman-teman guru dan para siswa meskipun secara virtual. Harapannya pembelajaran offline SD Negeri 1 Wonogiri, agar bisa berimbas ke SD lainnya. Lebih lanjut, narasumber mengingatkan tentang pentingnya administrasi kelas. Administrasi kelas ada yang didokumentasikan berupa buku, juga berupa aransi kelas yang bisa dipajang sesuai tema dan harapannya bisa dilihat oleh siswa.

Lebih lanjut, narasumber menjelaskan tentang penilaian hasil belajar sebagai pengumpulan data pencapaian kemampuan siswa, berupa aspek pengetahuan, keterampilan sikap yang direncanakan dan dilaksanakan. Nilai-nilai PAS dan PAT tidak didapat secara instan tetapi melalui beberapa proses, diawali dengan penetapan KKM dari guru kelas atau guru mupel.

Vicon diakhiri dengan pesan tentang pentingnya mendokumentasikan administrasi dan harus mengikuti perkembangan siswa meski tidak tatap muka agar guru mempunyai data yang valid. Kemudian administrasi penilaian merupakan data capaian belajar siswa, baik aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sudah direncanakan secara sistematis. Proses penilaian, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan hingga pelaporan hasil belajar harus didokumentasikan dengan baik.