Virtual Model-Model Pembelajaran Gugus Tunas Harapan

Kelompok Kerja Guru (KKG) merupakan wadah untuk melakukan berbagai kegiatan penunjang Kegiatan Belajar Mengajar antara lain, Pengembangan pembelajaran, Pengembangan instrumen penilaian, pengembangan model pembelajaran, pembuatan media pembelajaran dan mendiskusikan masalah-masalah yang dijumpai di kelas.

Pada masa pandemi Covid-19 seperti ini KKG Gugus Tunas Harapan Kecamatan Manyaran melaksanakan kegiatan secara virtual melalui aplikasi Miscrosoft Teams,  Kamis (24/09/2020). Kegiatan KKG Gugus Tunas Harapan berlangsung selama satu setengah jam, diawali dengan ucapan selamat datang dari Bapak Ngadi, S.Pd selaku Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Manyaran, dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Bapak Banu Darussalam, S.Pd dari Kasi PTK PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Selanjutnya, paparan materi “Model-Model Pembelajaran di PAUD” yang disampaikan oleh narasumber, Ibu Sri Suprihatin, S.Pd, M.Pd selaku Pengawas TK Kecamatan Manyaran. Dalam Paparanya, Ibu Sri Suprihatin, S.Pd, M.Pd menyampaikan tentang model area. Model area dapat dikatakan model pembelajaran berdasarkan minat. Anak diberi kesempatan untuk memilih kegiatan yang disediakan guru berdasarkan minat anak. Peran guru sebagai motivator , pengamat dan penilai. Guru mengawasi dari kejauhan pada seluruh anak didik dan memberikan penilaian dengan alat penilaian yang sudah di tentukan ( ceklis, anekdot dan hasil karya). Model pembelajaran Area ada 10 area sebagai berikut :  1. Area Agama, 2. Area sains (IPA), 3. Area membaca dan menulis, 4. Area matematika dan berhitung, 5. Area bahasa, 6. Area seni, 7. Area drama, 8. Area pasir dan air, 9. Area Musik, 10. Area balok. Untuk kelompok B minimal Menyediakan 4 area dan kelompok A minimal 3 area.

Memasuki sesi tanya jawab, para partisipan sangat antusias berbagai pertanyaan disampaikan kepada narasumber secara langsung dan narasumber menjawab pertanyaan para partisipan dengan jelas. Kegiatan berjalan dengan lancar sampai pada sesi akhir pada pukul 09.30 dengan diikuti kurang lebih 34 partisipan.