Virtual Conference  “Pengembangan Bahan Ajar”   KKG TK Kecamatan Ngadirojo

KKG TK Kecamatan Ngadirojo menggelar kegiatan virtual melalui Video Conference dengan menggunakan platform Microsoft Teams. Kegiatan bertajuk “Pengembangan Bahan Ajar” di masa pandemi ini kegiatan KKG TK Ngadirojo tetap berjalan lancar, baik melalui virtual maupun tatap muka. Kegiatan tatap muka dilaksanakan dengan perwakilan gugus dan mentaati peraturan protokol kesehatan. Walau perwakilan tetap disampaikan kepada masing-masing anggota. Pada acara KKG online ini materi oleh narasumber yaitu Pengembangan Bahan Ajar yang  bertujuan untuk menunjang pengetahuan guru TK di lingkungan Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri pada umumnya. Kegiatan KKG TK Online dilaksanakan Kamis, 01 April  2021 pukul 08.00 sd 11.30 WIB. Selain itu, kegiatan vicon ini juga sebagai tindak lanjut dari program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri terkait fasilitasi akun Office 365 yang telah diberikan kepada satuan pendidikan dan para pendidik di Kecamatan Ngadirojo. Fasilitas dari akun office 365 ini sudah dapat mewadahi semua bentuk pertemuan online atau rapat-rapat virtual di Ngadirojo, hanya sedikit kendala yaitu signal yang terkadang tidak menentu.

Kegiatan vicon berlangsung selama kurang lebih dua jam. Pelaksanaan kegiatan dipandu oleh Soeharmani sebagai host, Marsi, sebagai moderator dan sebagai narasumber Sri Suprihatin. Sebelum acara inti sambutan sekaligus pembukaan oleh Suyati (Ketua IGTKI Kecamatan Ngadirojo) dilanjutkan  pengarahan dan binaan oleh Banu Darussalam (KASI PTK PAUD dan PNF). Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi Guru Ngadirojo melalui optimalisasi kegiatan di tingkat kelompok kerja di masa pandemi Covid-19. Dan diharapkan  guru TK tetap bersemangat meski melaksanakan pertemuan secara online, menjaga prokes, dan meningkatkan  kompetensi keprofesionalismenya sebagai guru TK. Kegiatan inti narasumber menjelaskan tentang Pengembangan Bahan Ajar, Tujuan dan Manfaatnya, Model bahan ajar dan  Bagaimana memberikan Bahan Ajar yang tepat bagi Anak TK, selanjutnya sesi tanya jawab yang dipandu moderator.

Kesimpulan, kegiatan KKG Online TK Ngadirojo pada paket 3 ini berjalan dengan lancar. Pada sesi menjawab ada 3 tiga pertanyaan yang sudah dapat dijawab oleh narasumber dan ada tambahan  yang meramaikan suasana KKG yaitu mengenalkan lagu-lagu baru sesuai tema pada saat ini, yaitu lagu alam semesta, Bintang, Bulan dan syair “corona”. Meski pertemuan secara virtual tetapi tidak mengurangi kualitas KKG dan kemeriahan dalam belajar bersama untuk meningkatkan kinerja sebagai guru TK. Demikian jalannya virtual conferensi KKG TK Paket 3 tentang Pengembanagan Bahan Ajar   Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri.