Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di  SMP Negeri 1 Purwantoro

Senin, 5 April 2021 SMP Negeri 1 Purwantoro melaksanakan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Kegiatan berlangsung tertib, mengikuti protokol kesehatan secara ketat sesuai dengan ketentuan yang telah diatur oleh sekolah penyelenggara.

Sesuai jadwal yang telah di rancang SMPN 1 Purwantoro, kegiatan pembelajaran dijadwalkan mulai pukul 07.30 WIB s.d. 13.30 WIB. Uji Coba PTM diawali  dengan apel pagi kesiapan dengan amanat dari Camat Purwantoro. Kegiatan apel dihadiri berbagai personel instansi, antara lain: dari unsur pengawas tiga orang (Haryanto, Sri Hartantiningrum, dan Slamet Riyadi), unsur Forkompimcam Kecamatan Purwantoro (Camat Purwantoro, Polsek dan Koramil), Puskesmas Purwantoro (Kepala Puskesmas, dokter, dan staf).

Usai apel pagi dilanjutkan pembelajaran  sampai pukul 09.30  dibagi dalam 4 jam pelajaran yang mana masing-masing jam 30 menit. Untuk mengatur sirkulasi kehadiran siswa,  pembelajaran dilaksanakan secara bergantian (model sif). Sebelum memasuki sif kedua diberi jeda waktu dua (2) jam yaitu mulai pukul 09.30 s.d. pukul 11.30, kemudian kelas dibersihkan dan disemprot desinfektan. Sif siang dimulai pukul 11.30 s.d. pukul 13.30 dengan ruang kelas yang berbeda saat sif pagi.

Hari pertama uji coba pelaksanaan pembelajaran tatap muka diikuti oleh siswa kelas IX dengan rincian, sif  pagi 4 rombel terdiri 64 siswa, sif siang 5 rombel dengan jumlah 73 siswa. PTM ini diampu oleh 10 guru mata pelajaran antara lain: PPKn, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Prakarya, PAI, PJOK, dan BK.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti turut hadir sekaligus menandatangani deklarasi sekolah ramah anak di SMPN 1 Purwantoro. Beliau memantau secara langsung kesiapan sekolah dalam mengawali uji coba pembelajaran tatap muka. Yuli Bangun Nursanti menyampaikan bahwa hasil evaluasi terhadap pelaksanaan ujicoba tatap muka akan menjadi pertimbangan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka secara keseluruhan di sekolah-sekolah baik SD maupun SMP di Kabupaten Wonogiri untuk waktu berikutnya.