Tren Pembelajaran Masa Depan adalah Teknologi

Berbicara di forum Tanoto Facilitator Gathering tahun 2020, Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional Ilham Habibie memberikan analisanya terkait tren pembelajaran yang akan terus dipengaruhi teknologi informasi. Ia mengakui hal tersebut sejak adanya pandemi sudah banyak dilakukan para guru di Indonesia.

“Saya berkeyakinan, metode yang sesuai dengan perkembangan teknologi akan menarik minat siswa dalam proses pembelajaran, jadi jangan sampai guru ketinggalan teknologi,” katanya. Ilham berpendapat, tren belajar ke depan adalah teknologi dijadikan alat untuk mengajar siswa sehingga muncul motivasi dan semangat belajarnya.

“Kita sedang melakukan itu, seperti sekarang kita sedang webinar,” ujarnya. Lebih lanjut Ilham mengatakan, pendidikan saat ini adalah kita berbicara tentang kurikulum yang harus menyesuaikan dengan kondisi saat ini akibat adanya pandemi global.

“Saat ini, guru bukan hanya mengajar tatap muka, namun juga harus membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui teknologi,” tambahnya. Ilham juga mengatakan, bahwa pengetahuan yang diperoleh melalui belajar terapan dan diskusi dengan sesama siswa, siswa dengan guru, mahasiswa dengan dosen akan mempermudah siswa memahami pelajaran.

“Tetapi saat ini trend nya lain, yaitu belajar lewat online. Namun kita bisa menggunakan blanded learning, memanfaatkan pengalaman kita mengajar secara offline. Jadi bisa mengkombinasikan,” ujarnya. Selain itu, Ilham juga mendorong guru untuk terus professional. “Kita harus belajar untuk menjadi professional. Mengedepankan relevansi antara aspek teori dan praktik akan lebih melekat,” jelasnya.