TPKPP Gelar Koordinasi dengan BPTIKP Dikbud Jawa Tengah

Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran (TPKPP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri (Kamis, 11/11/2021) berkunjung ke BPTIK Dikbud Jawa Tengah dalam rangka konsultasi dan koordinasi program pelatihan yang akan dilaksanakan bagi TPKPP sebagai bentuk penguatan dalam pencapaian program tahun 2021. Sejumlah personil TPKPP bertolak ke BPTIK Dikbud Jawa Tengah. Tim ini diketuai oleh Tarmo (Kasi PTK SMP) dan disambut dengan hangat oleh Kepala BPTIK Dikbud Jateng, Siswanto, beserta jajarannya pada pukul 11.00 WIB.

Pertemuan yang dilaksanakan di ruang Smart Edu tersebut diawali dengan ucapan selamat datang kepada TPKPP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Kepala BPTIK Dikbud Jateng juga memberikan apresiasi kepada Dinas P&K Wonogiri, TPKPP selalu berinisiatif memajukan pendidikan dengan menggandeng berbagai pihak salah satunya BPTIK Dikbud Jateng. Langkah riil TPKPP untuk meng-update kemampuan di tengah laju arus teknologi dan informasi yang semakin cepat sehingga garda terdepan pendidikan di Kabupaten Wonogiri dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada anak didik.

Siswanto dalam sambutannya memaparkan program-program BPTIK Dikbud Jateng sebagai bentuk layanan pendidikan yang diantaranya adalah portal pendidikan “Give and Take” yang merupakan konten pendidikan yang berisi konten digital seperti video, multimedia, dokumen RPP, best practice, dan lain-lain. Pada portal New Jateng Pintar juga terdapat fitur-fitur yang berisi sumber belajar, karya siswa, siswa Jateng Pintar, dan kontributor. Semua fitur tersebut merupakan bentuk layanan sebagai pendukung pembelajaran yang berbasis teknologi informasi. BPTIK Jateng juga baru saja meluncurkan program Bolpen Sekodi yang merupakan akronim Bimbingan Teknis Online dan Pendampingan Sekolah Digital. Bimbingan ini akan menjangkau sekolah-sekolah di Jawa Tengah secara online.

Sambutan selanjutnya dari ketua TPKPP yang disampaikan oleh Tarmo. Beliau mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada BPTIK Dikbud Jateng yang telah menerima kehadiran tim dengan baik. Kerjasama ini bukan merupakan yang pertama kali bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, karena BPTIK Jateng sudah sering mengadakan kegiatan di Wonogiri dalam bentuk pelatihan lain, baik di tingkat pendidikan dasar ataupun menengah. Diharapkan kedatangan TPKPP dalam rangka konsultasi dan koordinasi saat ini akan menghasilkan kerjasama yaitu sebuah bentuk pelatihan untuk TPKPP dari BPTIK Jateng sebagai bentuk penguatan materi TPKPP dan target program tim di tahun 2021 ini.

Selanjutnya pemaparan dari TPKPP oleh Koordinator Bidang Pengembangan Website dan Editorial Reportase, Agus Dwianto. Agus menjelaskan mengenai “Inovasi Menuju Transformasi Digital” Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Langkah ini adalah dengan pembentukan Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran (TPKPP). Tim dibentuk sebagai katalis kemajuan dunia pendidikan di Wonogiri. TPKPP terdiri dari 4 bidang, yaitu (1) Bidang Pengembangan Website dan Editorial Reportase, (2) Bidang Pengembangan Aplikasi, (3) Bidang Pengembangan Konten Pembelajaran, (4) Bidang Festival dan Seni Budaya. Setelah TPKPP berjalan kemudian diikuti pembentukan tim kreatif tingkat subrayon dan kecamatan. Produk dan peran TPKPP antara lain webinar, diklat, website official, reportase kegiatan, website microsoft 365 pdkwonogiri.id, website portal pembelajaran, aplikasi E-KTSP, aplikasi PKG, aplikasi PKKS, aplikasi hadirmu, aplikasi ujian sekolah, aplikasi PAK, aplikasi E-Sertifikat, aplikasi E-KKG, tryout seleksi PPPK, pendampingan piloting sekolah digital, chanel youtube P&K Wonogiri official, dan lain-lain.

Kedatangan TPKPP merupakan suatu bentuk usaha untuk berkonsultasi dan koordinasi mengenai program-program yang dijalankan TPKPP, target capaian TPKPP pada tahun 2021 adalah pengembangan mobile konten dan pengenalan coding. Disadari bahwa saat ini teknologi kita telah melampaui batas kemanusiaan. Disemua sector, teknologi mendominasi pekerjaan manusia. Bahkan di dunia pendidikan saat ini sebagian besar sudah mengembangkan kemajuan teknologi dalam proses belajar mengajar. Latar belakang TPKPP ingin mengembangkan teknologi adalah (1) Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang selama ini dilaksanakan masih bersifat konvensional, PJJ masih berbasis grup WA, (2) Skill guru kurang, guru merasa kesulitan dengan tuntutan PJJ, (3) PJJ menjadi beban, siswa merasa terbebani karena guru sebatas memberikan tugas-tugas di PJJ, (4) KKG/MGMP belum optimal, banyak KKG/MGMP yang pasif, (5) Tersedianya teknologi gratis, deploy microsoft 365 gratis untuk pendidikan, (6) Daya dukung tersedia, SDM GTK Kabupaten Wonogiri mendukung.

Langkah inovasi yang dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri adalah dengan pembentukan TPKPP. Tim ini dibentuk sebagai katalis kemajuan dunia pendidikan. Langkah kedua adalah deploy microsoft 365 dengan domain pdkwonogiri.id. Ketiga implementasi microsoft 365, dengan sosialisasi dan webinar pemanfaatan microsoft 365 ke 25 kelas kecamatan dan 1 kelas pengawas. Keempat adalah piloting sekolah digital, dengan merintis sekolah digital berbasis teknologi microsoft 365.

Paparan selanjutnya adalah dari Tim Pengembangan Aplikasi yang sampaikan oleh Budhi Prayitno, Dalam kesempatan ini Budhi memaparkan salah satu produk aplikasi yaitu E-KTSP. Bahwa seiring dengan perkembangan teknologi, mulai tahun pelajaran 2020/2021 proses pengesahan dokumen KTSP di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dilaksanakan secara elektronik. Tujuan penyusunan dan pengesahan dokumen KTSP berbasis elektronik (E-KTSP) ini adalah meningkatkan kualitas dokumen, layanan pengesahan, efektivitas dan efisiensi proses pengesahan KTSP. Setelah pemaparan dari tim pengembang aplikasi selesai, waktu menunjukkan pukul 12.30. Kegiatan diskors untuk makan siang dan ibadah salat zuhur.

Sesi diskusi dilanjutkan pukul 13.30 dipimpin oleh Agung Handoko,  Kepala Seksi Pengembangan TIK BPTIK Dikbud Jateng. Dalam tanggapannya berkaitan paparan yang telah disampaikan perwakilan dari TPKPP, beliau sangat mengapresiasi atas kemajuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri yang mempunyai tim pengembang sehingga kemajuan dalam bidang pendidikan dapat berkembang begitu pesat dengan bukti beberapa aplikasi pendukung sebagai wujud nyata pendorong percepatan transformasi pendidikan dan pembelajaran. Berkaitan masukkan yang diminta, Agung Handoko sebagai perwakilan BPTIK Dikbud Jateng bersedia memfasilitasi pelatihan yang diminta dari TPKPP yang akan berkoordinasi dengan jajarannya untuk mengatur jadwal karena sampai bulan November tim trainer BPTIK jadwal sudah penuh.

TPKPP mengucapkan banyak terimakasih atas tanggapan dan penjadwalan yang diberikan BPTIK, Banu Darussalam, Kasi PTK PAUD/PNF menyambung diskusi yang telah mengerucut pada kesediaan BPTIK yang akan membersamai TPKPP dalam program penguatan bidang, akan tetapi dari kedua materi yang diajukan yaitu pengembangan mobile konten dan pengenalan coding TPKPP harus memilih salah satu dikarenakan waktu yang dijadwalkan hanya satu materi. Diskusi dilanjutkan dengan meminta masukan dari TPKPP bidang Pengembangan Konten Pembelajaran yang kali ini diwakili Lilik Prihatmoko. Lilik memberikan masukan bahwa dari kedua materi tersebut yang saat ini sangat dibutuhkan dan memungkinkan adalah materi pengembangan mobile konten, dengan pertimbangan pengenalan coding akan masuk pada target capaian pada tahun 2022.

Akhirnya mendapat kesepakatan antara TPKPP dan BPTIK Dikbud Jateng bahwa pelatihan yang disepakati adalah pengembangan mobile konten yang akan dilaksanakan pada awal bulan Desember dengan narasumber tim IT BPTIK. Acara ditutup pada pukul 14.30 dengan foto bersama.