TINGKATKAN KOMPETENSI, KKG GUGUS MENUR WONOGIRI GELAR PERTEMUAN VIRTUAL

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Menur Kecamatan Wonogiri menyelenggarakan kegiatan kolektif guru secara virtual, Selasa, 2 Juni 2020. Kegiatan KKG daring perdana yang dipandu oleh Herry Setyawan, S.Pd., ini berisikan materi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Cisco Webex. Selain berisikan materi Penelitian Tindakan Kelas, KKG Gugus Menur Kecamatan Wonogiri melalui Adi Setyo Nugroho, S.Pd., M.Pd., juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Normawati, guru SD Negeri 2 Wonokerto yang pindah tugas ke Kabupaten Cilacap. Harapannya, dengan pindah tugas ke Kabupaten Cilacap dapat lebih meningkatkan kinerja dan kompetensinya sebagai seorang guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain PTK, pada kesempatan ini, Saryono, S.Pd.,M.Pd menyampaikan tentang Penilaian Kinerja Guru

“Menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, Penilaian Kinerja Guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Guru harus tahu kebutuhan dirinya untuk melaksanakan kewajibannya”, kata Saryono.

Materi dilanjutkan dengan penyampaian pembuatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.

PTK dapat diartikan sebagai proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. PTK merupakan salah satu publikasi ilmiah dalam konteks pengembangan profesi guru secara berkelanjutan yang ditujukan untuk perbaikan dan peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran atau mutu pendidikan pada umumnya. PTK ini cocok dilakukan oleh guru karena prosenya praktis. Materi diakhiri dengan sesi pemberian hadiah dari narasumber berupa tiga buah buku kepada peserta yang beruntung.