Tingkatkan Kompetensi, FKKG dan KKKS Ngadirojo Pelajari Media Pembelajaran

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi khususnya dalam bidang pendidikan, mengubah pendekatan pembelajaran. Kini, pendekatan pembelajaran telah berubah ke arah pembelajaran abad pengetahuan. Orang dapat belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Itulah ciri pembelajaran abad pengetahuan, sebagai era berbasis digital. Latar belakang itulah yang mendasari FKKG dan KKKS Kecamatan Ngadirojo mengadakan webinar rutin melalui Microsoft Teams dengan tema “Media Pembelajaran, yang diselenggarakan pada Selasa (9/3/21).

Pembukaan diawali dengan sambutan oleh Mulyadi selaku Ketua KKKS Kecamatan Ngadirojo. Mulyadi menyampaikan pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran siswa di saat pandemi seperti ini. Para guru dituntut agar mampu mengikuti perkembangan jaman dengan memanfaatkan dan mempelajari media pembelajaran yang bersifat digital. Mulyadi juga berpesan agar seluruh peserta webinar mengikuti kegiatan dengan seksama. Selain itu nantinya diakhir pertemuan akan diadakan lomba membuat media pembelajaran yang bertujuan adalah untuk mengukur sejauh mana penguasaan dan penyerapan materi yang telah disampaikan.

 

Kegiatan FKKG dan KKKS Kecamatan Ngadirojo dengan materi media pembelajaran ini menghadirkan dua narasumber yang ahli dalam pembuatan media pembelajaran. Narasumber pertama adalah Afid Abidin guru SD Negeri 2 Mlokowetan. Afid menyampaikan tentang cara pembuatan media pembelajaran. Lebih lanjut, Afid menjelaskan langkah-langkah dalam pembuatan media pembelajaran, yaitu dimulai dari pembuatan skenario, persiapan konten, shooting recording, dan editing. Narasumber juga melakukan praktik secara langsung untuk mencoba membuat video pembelajaran berdurasi pendek dengan sebuah aplikasi Bandicam. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi khusus untuk membuat dubbing animasi yang mudah digunakan. Hasil akhirnya, narasumber memutarkan video pembelajaran durasi pendek yang telah dibuat sebagai hasil dari praktik percobaannya.

Narasumber kedua adalah Ariska Pujianti guru SD Negeri 3 Gedong. Ariska menyampaikan tentang kiat dan optimaliasi video pembelajaran. Menurut Ariska, video pembelajaran yang telah dibuat oleh seorang guru dapat digunakan sebagai media mengajar, karya inovatif dan keperluan lain dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru.

Akhir sesi webinar, moderator memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertanya dengan narasumber berkaitan dengan materi webinar. Acara webinar semakin seru karena ditutup dengan kuis yang diikuti oleh banyak peserta dengan hadiah yang sangat menarik. Host menutup rangkaian acara dengan memberikan semangat kepada seluruh peserta untuk terus meningkatkan potensi yang dimilikinya sebagai seorang guru.