Tingkatkan Kapasitas TPKPP, Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri Gelar IHT

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dalam rangka memperkuat motivasi Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran (TPKPP) di tahun 2022, menyelenggarakan In House Training (IHT). Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yaitu Sabtu-Minggu, 11 s.d 12 Juni 2022, bertempat di Hotel Griya Persada Jl. Boyong No.99 Kaliurang Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Didukung oleh Bank Jateng cabang Wonogiri, kegiatan ini diadakan untuk menguatkan kapasitas personil serta memupuk kerja sama TPKPP dengan para pejabat dan staf pelaksana dinas. Persiapan keberangkatan di Kantor Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri pukul 08.00 WIB. Peserta kegiatan terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri berserta jajarannya dan personil TPKPP.

Peserta kegiatan IHT berjumlah 66 orang yang berasal dari unsur pejabat struktural, pejabat fungsional serta Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran. Tujuan dari kegiatan IHT ini adalah untuk meningkatkan indeks profesionalisme ASN di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, meningkatkan motivasi kerja serta mewujudkan visi misi OPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indosesia Raya dilanjutkan laporan ketua panitia IHT, Heri Rustiati yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri. Yuli Bangun Nursanti selaku Kepala Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan IHT.

Narasumber pada kegiatan ini Herawati Widodo dari Citra Emas Sanjaya, memberikan materi “Excellent Service di Era Society 5.0” yang membahas tentang pelayanan publik yang baik menuju era society 5.0. Upaya dalam memberikan pelayanan yang terbaik dapat diwujudkan dengan menerapkan excellent service yang menonjolkan kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan dan tanggung jawab yang baik dan terkoordinasi. Mampu belajar dan terus beradaptasi dengan keadaan harus dimiliki oleh seseorang yang ingin selalu memberikan pelayanan prima. Pada sesi kedua, dilanjutkan dengan pemutaran film pendek dan sinkronisasi harmonisasi program TPKPP dengan kegiatan Sekretariat dan Bidang Dinas P dan K tahun 2022 yang dipimpin oleh Kepala Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti.

Di hari kedua dilaksanakan outbond training oleh tim outbond TPKPP yang diikuti oleh seluruh peserta.  Tujuannya selain untuk refreshing juga untuk meningkatkan kemampuan aktualisasi diri, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, melatih kerja sama tim, melatih kemampuan analisa dan pola pikir dengan memaksimalkan otak kiri dan kanan, meningkatkan kemampuan dan kedewasaan seseorang saat mengambil keputusan dalam kondisi yang belum pernah dialami, menumbuhkan arti penting kebersamaan. Kekompakkan yang terbentuk saat outbond training diharapkan terbawa seterusnya  dalam pekerjaan, menjadikan TPKPP dengan para pejabat dan staf pelaksana Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri lebih solid dalam berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan prima dalam dunai pendidikan.