Tim Kreatif Wuryantoro Diseminasikan E-Rapor

Kegiatan diseminasi Pelatihan Aplikasi E-Rapor ini dilakukan setelah melalui beberapa proses yang begitu panjang. Kegiatan diawali dengan Bimtek E-Rapor secara daring oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri pada tanggal 8-9 Februari 2021 yang diikuti oleh perwakilan operator dan guru wilayah kecamatan bidang pendidikan se-kabupaten Wonogiri. Kedua Utusan Wuryantoro, Tri Murdiyatni sebagai operator dan Juliana Ambarisma sebagai perwakilan guru, melakukan kajian bersama pada tanggal 10-13 Februari 2021 dibantu operator wilayah kecamatan bidang pendidikan Wuryantoro, Agus Wuryanto, sebagai tindak lanjut kegiatan bimtek. Beliau bertiga akhirnya ditunjuk menjadi Tim E-Rapor Wuryantoro.

Senin 15 Februari 2021 kegiatan diseminasi Pelatihan Aplikasi E-Rapor dilakukan secara luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di aula SD Negeri 1 Wuryantoro. Penyampaian hasil bimtek oleh Tim E-Rapor diikuti oleh satu petugas operator sekolah dan satu guru dari setiap SD se-kecamatan Wuryantoro. Kegiatan diseminasi berjalan lancar dari pukul 08.00-13.00 WIB. Kegiatan dibuka oleh Ketua KKKS Wuryantoro, Mifta Hidayat selaku ketua KKKS Wuryantoro. Hadir memberi tahu, pengarahan, dan motivasi Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Wuryantoro, Mulyatno. Beliau menyampaikan bahwa segala kegiatan tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya kerjasama yang baik dari semua pihak. Semangat kerja tinggi dan kerja ikhlas akan membawa keberkahan. Beliau memberikan jargon untuk Wuryantoro yaitu “Satu untuk semua, semua untuk satu”.

Diseminasi E-Rapor oleh Tim berjalan dengan baik meskipun belum maksimal. Lagi-lagi masalah utama adalah sinyal faktor. Berbagai macam spesifikasi laptop dapat digunakan dengan baik dalam pengelolaan E-rapor ini. Materi secara keseluruhan telah tersampaikan. Praktik langsung aplikasi E-Rapor sebagian peserta sudah bisa tetapi sebagian lagi belum bisa mempraktikkan. Pendalaman aplikasi E-Rapor selanjutnya akan dilaksanakan pada kegiatan kelompok kerja guru oleh masing-masing gugus KKG di Wuryantoro.

Pemaparan materi E-Rapor dirasa kurang maksimal jika dilaksanakan, karena keterbatasan jaringan internet dan pemahaman peserta dalam menerima materi. Maka untuk penyampaian E-Rapor selanjutnya direncanakan akan dilakukan secara luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dengan demikian, melalui kegiatan Tim Kreatif Kecamatan Wuryantoro dapat bersinergi membangun mutu pendidikan. Pendidik dan tenaga kependidikan merupakan ujung tombak dalam sebuah proses pendidikan. Tim kreatif Wuryantoro akan terus memperbaiki dan meningkatkan kinerja untuk menciptakan berbagai macam kegiatan yang bermanfaat.