Tim Kreatif Subrayon 01 Gelar Workshop Nasional Penulisan Artikel Ilmiah Populer

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2021, Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Subrayon 01 Wonogiri pada tanggal 30 April 2021 menyelenggarakan workshop nasional penulisan artikel ilmiah populer di media massa yang dilaksanakan secara virtual melalui meeting room Microsoft Teams. Kegiatan ini juga disiarkan lewat live streaming di chanel youtube kreasi 01 wonogiri, dikuti oleh guru baik yang berada di dalam dan di luar wilayah Kabupaten Wonogiri. Peserta di luar wilayah Wonogiri yang mengikuti antara lain dari Ngawi, Wonosobo, bahkan dari luar Jawa seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, dan Bali. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pola in servis dan on servis. Pada kegiatan in servis yang pertama ini bertindak sebagai host Ningtyas Kusumastuti guru SMP Negeri 4 Wonogiri, mengawali kegiatan dengan menyapa peserta yang telah hadir dalam meeting room, acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB diawali mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 stanza dan Mars Kreasi 01 Wonogiri.

Rahayu Widayanti sebagai ketua tim kreatif sekaligus guru di SMP Negeri 1 Nguntoronadi mengawali sambutannya dengan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, harian umum Jawa Pos Radar Solo dan seluruh peserta workshop nasional penulisan artikel ilmiah populer di media massa yang telah mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Subrayon 01 Wonogiri. Beliau menyampikan bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Tim Kreatif dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan seperti wokshop, pembuatan blog pembelajaran, pelatihan penulisan reportase, dan pembuatan flyer. Tim kreatif juga sudah membuat website sebagai media informasi dan chanel youtube kreasi 01 wonogiri. Rahayu juga menyampaikan bahwa workshop penulisan arikel ilmiah ini dilaksanakan dengan pola in servis dan on servis 32 JP dan hasil dari worksop  ini diharapkan guru akan memiliki keterampilan menulis artikel ilmiah poluler yang layak diterbitkan di media massa, sekaligus dapat dinilaikan angka kredit sebagai pelaksanaan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).

Budi Sudaryatmo Kepala SMP Negeri 2 Nguntoronadi yang mewakili Ketua MKKS Subrayon 01 Wonogiri mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas terselenggaranya workshop penulisan artikel ilmiah populer ini. Apresiasi juga disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri yang telah memotivasi, mendorong, dan memberi kesempatan untuk selalu mengembangkan diri sebagai guru profesional di Kabupaten Wonogiri. Guru sebagai tenaga profesional wajib melaksanakan pengembangan profesionalisme sehingga dapat menghasilkan karya nyata untuk memajukan pendidikan.

Berkenan membuka kegiatan secara resmi dan menyampaikan materi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti. Di awal sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini juga dibersamai oleh Kepala Bidang PTK dan Kepala Seksi PTK. Selanjutnya beliau mengapresiasi kepada peserta workshop telah sudi dan mampu mengembangkan diri melaksanakan penulisan arikel ilmiah ini. Beliau menyampaikan bahwa kita sudah berada di era globalisasi pendidikan abad 21 untuk meningkatkan mutu pendidikan. Di soft skills ada komitmen, motivasi, sikap, dan kepribadian. Di hard skills mempunyai kompetensi memahami bidang ilmu yang diampu dalam kurikulum dan skills seperti ICT, metode, komunikasi sehingga menjadi pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional. Sehingga memiliki basic values yaitu melakukan tugas dengan ikhlas, serius, senang, dan kerja keras. Selajutnya guru mampu terus melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dengan pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

Selanjutnya acara diserahkan kepada moderator Nur Widhi Hastuti, guru SMP Negeri 2 Wonogiri. Widhi menyampaikan teknis paparan materi oleh narasumber Kepala seksi PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dan pimpinan redaksi Jawa Pos Radar Solo yang dilanjutkan tanya jawab dengan peserta.

Kepala Seksi PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Tarmo, sebagai narasumber artikel ilmiah populer menyampaikan bahwa ada masalah terkait publikasi ilmiah yang dirasakan oleh guru dalam penilaian angka kredit, ini dikarenakan guru belum memahami buku 4 dan 5 dalam pembuatan publikasi ilmiah tersebut. Persyaratan artikel ilmiah populer antara lain isi sajian berupa pengetahuan populer yang ditandai tema atau topik aktual berkenaan masalah pendidikan formal pada satuan pendidikannya, sajiannya dijiwai cara berpikir ilmiah (ada hal yang dipermasalahkan), ada dukungan teori, menunjukkan ide gagasan penulis yang inovatif, pembahasan atau analisis data dan simpulan secara runtut, alur penyajian tidak kaku  (sehingga mudah dicerna oleh pembaca), menggunakan bahasa yang sederhana, dan mudah dipahami isinya oleh pembaca.

Pemimpin redaksi Jawa Pos Radar Solo, Kabun Triyatno, menyampaikan materi artikel ilmiah dari sisi media massa, bagaimana artikel layak dimuat secara bahasa maupun format di media massa yang dapat diterima oleh publik dari kalangan umum dan dari berbagai profesi. Selanjutnya moderator membuka sesi tanya jawab, peserta sangat antusias dalam diskusi tanya jawab pada kegiatan ini. Pertanyaan yang belum dijawab akan dibahas di grup WA. Di akhir acara moderator dan host menutup kegiatan tersebut dan dilajutkan informasi oleh panitia tentang kegiatan in servis kedua yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2021.