Tim Kreatif Purwantoro Sukses Gelar PIJAR

Dunia pendidikan merupakan salah satu aspek yang terdampak Covid-19 yang akan berimbas dalam jangka waktu lama jika tidak disikapi bijaksana oleh seluruh unsur pendidikan. Sebelum adanya wabah virus corona, kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung secara tatap muka sehingga tujuan pendidikan dapat diupayakan tercapai secara maksimal. Namun mengingat kondisi pandemi saat ini kegiatan belajar mengajar secara tatap muka menjadi terhambat. Kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) I telah selesai dilaksanakan. Untuk mengetahui sejauh mana hasil PTS siswa sekaligus pemantapan materi,Tim Kreatif Kecamatan Purwantoro menggelar kegiatan “PIJAR (Purwantoro Inspiratif Mengajar)”. Kegiatan ini berlangsung selama 8 hari dari tanggal 5 -13 Oktober 2020.

Pada pembukaan kegiatan Sri Hartono S.Pd., M.Pd. selaku Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Purwantoro dalam sambutanya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta mengucapkan terima kasih kepada semua panitia penyelenggara dan semua pihak yang telah membantu terutama tim pengembang konten pembelajaran. Harapannya semoga para guru lebih berkualitas, lebih cerdas, mampu berinovasi dalam mengahadapi pandemi ini.

Kegiatan PIJAR ini diadakan oleh Tim Kreatif Purwantoro pada Bidang Tim Konten Pembelajaran. Mekanisme pelaksanaan kegiatan yaitu mengajar bergantian secara live streaming yang disiarkan melalui Youtube Probidik Kecamatan Purwantoro. Peserta kegiatan yaitu melibatkan guru kelas dan guru mata pelajaran sejumlah 48 guru mengajar 9 mata pelajaran secara bergantian. Kegiatan mengajar diawali secara urut dari mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Penjasorkes, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBdP, PKn, Matematika, dan Bahasa Jawa. Setiap guru yang mengajar didampingi oleh tim broadcast yang kompatibel.

Kegiatan berjalan dengan lancar berkat kerjasama dari semua pihak. Meskipun ada beberapa kendala tapi sudah teratasi dengan baik. Para siswa maupun wali sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Bahkan dari kecamatan lain di Kabupaten Wonogiri juga bergabung. Hal ini terlihat dari komentar siswa yang berada di kolom komentar maupun jumlah viewer. Semoga para guru mampu meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan kompetensinya terutama pada bidang IT agar pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh dapat berjalan lancar.