Tim Kreatif Kecamatan Girimarto Gelar Pelatihan e-KTSP

Tim Kreatif Wilayah Kecamatan Bidang pendidikan Girimarto, sebagaimana diketahui bersama mengadakan pelatihan e-KTSP. Pelatihan yang dilaksanakan dalam 4 tahap, 26-27 September 2020 dan 3-4 Oktober 2020 di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Dalam sambutannya Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd. memberikan apresiasi yang luar biasa kepada tim kreatif pengembang konten di Wilyah Kecamatan Bidang Pendidikan Girimarto.
Alasannya, peserta pelatihan secara online tersebut diikuti dari berbagai daerah. Bahkan dari luar kota dan luar provinsi. Seperti halnya ada yang dari daerah Provinsi Kalimantan. Walaupun hanya online peserta pelatihan tesebut mencapai 90an peserta. Tak hanya itu, kegiatan tersebut sudah memanfaatkan office 365 yaitu Microsof Team. Akun yang telah dibuatkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten melalui Tim Kreatif Pengembang Konten Kabupaten sudah dapat dimanfaatkan.


Hal tersebut menunjukkan transformasi terhadap teknologi, diskusi, pemanfaatan ICT merupakan bentuk bagian dari tenaga profesional. Abad 21 pemanfaatan ICT merupakan kompetensi yang dibutuhkan dalam mempersiapan kegiatan pembelajaran di masa pandemi. Guru harus mau dan mampu mengubah pola pikirnya dalam memberikan pelayanan yang maksimal.
Mengenai e-KTSP, lebih lanjut dijelaskan oleh Yuli Bangun Nursanti (Ka. Dinas P dan K Wonogiri, “e KTSP seharusnya sudah tersusun sebelum 13 Juli 2020 atau setelah Penilaian Akhir Tahun. Penyusuan e KTSP bisa dilakukan bersama-sama melalui sekolah masing-masing, KKG, K3S, MGMP, atau MKKS. KTSP secara elektronik atau yang dikenal dengan e KTSP menggunakan aplikasi yang tersedia”


Untuk peningkatan mutu sekolah difasilitasi oleh tim kreatif tentang pembuatan e KTSP. Seperti halnya, Tim Kreatif Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Girimarto yang telah melakukan kegiatan pelatihan penyusuna e KTSP. (KG)