Tim Kreatif Karangtengah Rayakan Hari Jadi Kecamatan Karangtengah

Tim Kreatif Korwilcam Biddik Karangtengah menggelar perayaan hari jadi Kecamatan Karangtengah melalui aplikasi Google Meet pada Senin (4/4/2022). Acara yang dipandu oleh Tri Joko Wiyono ini merupakan pembukaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Karangtengah ke-30. Pertemuan virtual ini mengundang seluruh tenaga pendidik dan siswa SD se-Karangtengah untuk hadir, agar mereka memahami sejarah awal berdirinya tanah kelahiran yang sebelumnya tergabung menjadi satu dengan Kecamatan Batuwarno.  

Acara inti diisi sambutan dan pengarahan oleh Maryono selaku Korwilcam Biddik Karangtengah yang menyampaikan tentang pelaksanaan peringatan HUT Kecamatan Karangtengah di tahun 2022 ini. Maryono menjelaskan bahwa dalam perayaan hari jadi ini Tim Kreatif Kecamatan Karangtengah melakukan pengemasan video yang terdiri atas paparan sejarah dan ucapan selamat dari berbagai jajaran dan kemudian diunggah pada aplikasi Youtube di channel BIDIK KARANGTENGAH. Verawati Joko Sutopo selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonogiri turut mengucapkan selamat untuk Karangtengah dengan harapan Kecamatan Karangtengah dilimpahi kedamaian dan kesuburan, para perangkat yang bermanfaat, masyarakat yang selalu rukun menuju Wonogiri sukses. Selain itu, Supriyanto Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Wonogiri juga mengucapkan dirgahayu Kecamatan Karangtengah dimana momentum ini dapat digunakan sebagai evaluasi diri bahwa sebagai putra daerah seberapa besar sumbangsih demi kemajuan Karangtengah. Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti mengucapkan selamat hari jadi ke-30 dan berpesan melalui pendidikan senantiasa kita kobarkan semangat untuk selalu maju, mandiri dan sejahtera dengan sesanti go nyawiji sesarengan mbangun Wonogiri. 

Sejarah Karangtengah yang diangkat dalam peringatan HUT disampaikan kepada seluruh siswa dan seluruh warga masyarakat supaya meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air sehingga dapat memacu semangat dalam berkarya dan berusaha mewujudkan kemajuan di wilayahnya. Paparan Katman selaku narasumber sejarah Karangtengah menceritakan bahwa pada 4 April 1992 merupakan awal mula berdirinya kecamatan ini. Sebelumnya Karangtengah yang terdiri dari 5 desa yaitu Desa Temboro, Desa Ngambarsari, Desa Jeblogan, Desa Karangtengah, dan Desa Purwoharjo merupakan wilayah yang kepala perwakilannya dari Kecamatan Batuwarno. Sejarah berdirinya Kecamatan Karangtengah juga merupakan bagian dari literasi lingkungan sehingga dengan memanfaatkan teknologi yang ada dan sedang berkembang saat ini diharapkan dokumentasi dan publikasi dari Tim Kreatif Kecamatan Karangtengah dapat menambah wawasan siswa yang semula tidak tahu menjadi tahu dan paham mengenai asal usul wilayahnya, sehingga dapat memacu semangat belajar demi masa depan Kecamatan Karangtengah.