Tim Kreatif Jatiroto Kembali Berulah

Masa pandemi yang belum usai membuat peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020 di beberapa daerah dilangsungkan secara virtual. Jika terpaksa mengumpulkan orang banyak, maka jumlahnya dibatasi dan dilaksanakan dengan penerapan protokol pencegahan dan penularan Covid 19 secara ketat. Hal ini terpaksa dilakukan karena pemerintah setempat belum memperbolehkan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak. Kecamatan Jatiroto merupakan salah satu daerah tersebut. Untuk memperingati dan memeriahkan HGN tahun 2020, Tim Kreatif Jatiroto melaksanakan kegiatan secara virtual dan pertemuan tatap muka secara terbatas. Dalam rangka menyambut HGN 2020, Tim Kreatif Jatiroto menggelar dua lomba yaitu, Virtual Challenge Poco Poco GWR dan Lomba Cipta Bahan Ajar Berbasis Microsoft 365.

“Karena masih dalam masa pandemi, Tim Kreatif Jatiroto menginisiasi dua kegiatan dalam rangka peringatan HGN 2020 yaitu, Virtual Challenge Poco Poco GWR dan Lomba Cipta Bahan Ajar Berbasis Microsoft 365. Tentunya kami berharap dua lomba ini mampu meningkatkan imun kita dan juga untuk membumikan penggunaan Microsoft 365 dalam pebelajaran. Kegiatan ini juga merupakan salah satu respon cepat kami dalam rangka digitalisasi pendidikan khususnya di Jatiroto”, tegas Giyatmo, Ketua Tim Kreatif Jatiroto.

Virtual Challenge Poco Poco GWR merupakan sebuah lomba senam Poco Poco yang diikuti oleh semua sekolah jenjang Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan tim dari Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Jatiroto. Setiap tim terdiri dari tiga orang dan harus melakukan senam Poco Poco selama kurang lebih tiga menit. Antusias peserta sangat tinggi, ditunjukkan dengan pemilihan tempat senam yang bagus. Bahkan beberapa tim memilih untuk ke luar Kecamatan Jatiroto demi mendapatkan tempat yang lebih bagus.

Lomba kedua adalah Lomba Cipta Bahan Ajar Berbasis Microsoft 365. Lomba yang dilaksanakan secara luring dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat ini diikuti oleh guru sekolah dasar se-Kecamatan Jatiroto. Lomba yang memanfaatkan akun Microsoft 365 dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri ini sekaligus menjawab tuntutan digitalisasi pendidikan sesuai program dari dinas terkait dan membumikan penggunaan Microsoft 365 dalam pembelajaran.

Penyerahan piala dan penghargaan kedua lomba ini dilaksanakan pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020 tingkat Kecamatan Jatiroto. SD Negeri 2 Guno berhasil menjadi Juara 1 Virtual Challenge Poco Poco GWR, Juara 2 diraih oleh SD Negeri 3 Jatiroto, dan Juara 3 diraih oleh SD Negeri 1 Jatiroto, serta Juara Favorit berdasarkan statistik Youtube diraih oleh SD Negeri 1 Jatiroto. Pada Lomba Cipta Bahan Ajar Berbasis Microsoft 365, Juara 1 diraih oleh Aris Dwi Hastuti (SD Negeri 2 Jatiroto), Juara 2 oleh Tyas Asmarawati (SD Negeri 2 Jatirejo), dan Juara 3 oleh Adhi Setyawan (SD Negeri 2 Sugihan). RSy