"TIK Pendukung PJJ” Materi FKKG Kecamatan Purwantoro

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi bagian penting dari pendidikan yang dapat membantu proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa PPKM. TIK juga menjadi mediatransfer informasi dan interaksi pembelajaran dalam pelaksanaan PJJ. Sebagai pendidik, guru diharapkan dapat menggunakan TIK untuk melakukan kontroling pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan menghilangkan masalah pembelajaran yang tersekat dengan jarak. Menjawab tantangan tersebut, FKKG Kecamatan Purwantoro, menggelar KKG dengan tema “TIK Pendukung PJJ” secara virtual (Sabtu, 7 Agustus 2021). Kegiatan ini diikuti oleh kepala sekolah, guru kelas, dan guru mata pelajaran se Kecamatan Purwantoro dengan mengakses link melalui dengan aplikasi  Microsoft Teams.  

Kegiatan dimulai pukul 08.30-10.30 WIB dipandu oleh Herlina Wahyu Kristinawati sebagai Host dan Erwin Fatimah sebagai Moderator. Kegiatan diawali sambutan Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Purwantoro, Sri Hartono. Dalam sambutanya beliau menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini. KKG ini diharapkan dapat diikuti secara serius dan yang terpenting nantinya dapat diterapkan untuk pembeajaran siswa apapun kondisinya, di manapun tempatnya, dan apapun kendalanya. Guru harus tetap semangat untuk selalu berinovasi dan berkreasi meski masih dalam masa pandemi. Peran guru sangat penting dalam keberhasilan pembelajaran jarak jauh saat ini. 

Narasumber dari kegiatan ini adalah Tijan Purnomo. Beliau menyampaikan materi yang sangat menarik dan berkaitan dengan sistem pembelajaran daring pada kondisi saat ini. Peran guru meningkatkan kualitas serta kompetensi TIK guru dalam pembelajaran daring di masa pandemi sangatlah penting. Peranan TIK dalam mendukung belajar anak di rumah, salah satunya dengan pemanfaatan aplikasi animaker sehingga pembelajaran jarak jauh lebih menyenangkan serta dapat memberikan pembiasaan yang positif agar tumbuh kembang anak menjadi maksimal.

Kupasan materi yang berlangsung kurang lebih dua jam tersebut memberikan pemahaman baru dan solusi bagaimana sebaiknya guru meningkatkan kualitas dan kompetensi khususnya di bidang TIK untuk mendukung PJJ dengan memanfaatkan aplikasi animaker.

Peserta mengikuti kegiatan dari awal hingga berakhirnya kegiatan dengan antusias. Pada sesi akhir, Tijan Purnomo menekankan bahwa fokus utama kegiatan ini adalah pentingnya upaya guru untuk memperhatikan keberlangsungan pendidikan dan mengingkatkan kualitas serta kompetensi guru dalam pembelajaran daring.