Tekad SDN 1 Temboro Taklukkan Sinyal

SD Negeri 1 Temboro melaksanakan kegiatan halalbihalal dan sarasehan secara virtual pada hari Sabtu, 6 Juni 2020. Kegiatan yang menggunakan aplikasi webex ini diikuti oleh guru, siswa, orang tua siswa, pengurus komite dan alumni. Acara diawali dengan melantunkan ayat suci Alquran. Pada kesempatan ini Rara melantunkan hafalan surat An Naba. Secara resmi acara dibuka oleh Kepala SDN 1 Temboro, Eko Siswanto, S.Pd.SD. Dalam sambutan, Eko menyampaikan ucapan selamat hari raya idul Fitri 1441 H kepada seluruh keluarga besar SDN 1 Temboro. Kegiatan ini juga sebagai bentuk koordinasi tentang layanan pendidikan antara sekolah dengan orang tua.

“Mari kita bersama sama mempersiapkan diri, menghadapi berbagai kemungkinan kebijakan pendidikan akibat dari penyebaran virus corona saat ini. Sekolah, guru, orang tua dan siswa harus bersinergi dan mempersiapkan diri sesuai dengan kapasitasnya, sehingga layanan pendidikan akan berjalan dengan maksimal”, ungkap kepala sekolah sarat prestasi ini.

Dalam sambutannya, Sarmin, Ketua Komite SDN 1 Temboro menyampaikan apresiasi kepada sekolah yang mengambil langkah kreatif dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara daring. Dengan kendala yang ada, komite siap membantu kelancaran pembelajaran jarak jauh. Komite sekolah akan segera mendata warga yang berlangganan internet, yang bisa dikoordinasikan untuk membantu anak-anak mengakses pembelajaran daring.

Puncak acara ini diisi dengan tausiah oleh Ustaz Suyanto, S.Pd., M.Pd., dari Slogohimo. Ustaz milenial yang biasa dipanggil “Uyik” ini menyampaikan bahwa setiap kejadian yang Allah takdirkan, pasti terbaik untuk umat-Nya. Belajar berprasangka baik kepada Allah. Menurut QS. Al Imran 133-135, ada 5 indikasi orang yang bertaqwa yaitu berinfaq dalam segala kondisi, menahan marah, memaafkan kesalahan manusia, berbuat kebaikan, bertaubat.

Acara dimulai pukul 10.00 WIB tersebut berlangsung satu setengah jam dan berjalan dengan lancar. Terdapat 45 partisipan dan hampir di semua titik diikuti lebih dari satu siswa dan orang tua. Jumlah siswa SDN 1 Temboro memang tidak banyak, hanya 59 siswa, tetapi mereka memiliki antusiasme yang tinggi untuk mengikuti kegiatan ini. Pada penghujung acara ditampilkan film pendek berjudul “Mbah Warsito”, film yang juga dibintangi Yuan siswa kelas 5, garapan Fajar Prihattanto dan Eko Siswanto yang pernah diikutkan pada festival film pendek nasional 2019 lalu.