Tampil Unik, Tim Kreatif Subrayon 03 Resmi Dikukuhkan

Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Subrayon 03 Baturetno resmi dikukuhkan, Sabtu (3/10/2020). Pengukuhan ini berlangsung unik. Menghadapi pandemi Covid 19, Tim Kreatif Subrayon 03 pun tanggap dalam melakukan aksinya. Pengukuhan dilaksanakan dengan moda kombinasi dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) dengan tetap menaati protokol kesehatan. Aula SMPN 1 Giriwoyo dipilih sebagai lokasi pengukuhan Tim Kreatif Subrayon 03 sekaligus peluncuran website Aksi 03.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Yuli Bangun Nursanti, mengukuhkan Tim Kreatif Subrayon 03 secara virtual melalui Microsoft Teams.  Pengukuhan dilaksanakan dengan mengambil sumpah janji Tim Kreatif Subrayon 03. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menyampaikan berbagai tugas yang harus dikerjakan tim kreatif setelah dikukuhkan. Menurutnya, salah satu tugas tim kreatif yang baru saja dibentuk adalah mendampingi pelaksanaan program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, khususnya terkait pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dan administrasi pendidikan di tingkat subrayon.

“Peran nyata yang harus dilakukan adalah pendampingan e-KTSP, pemanfaatan portal pembelajaran, pemanfaatan Office 365, serta pendampingan kegiatan MGMP/MKKS di tingkat subrayon,” imbuh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Apresiasi pun diberikan kepada Tim Kreatif Subrayon 03 yang sudah menunjukkan aksinya di saat subrayon lain belum dikukuhkan.

Cundoko, guru SMPN 2 Baturetno, yang dikukuhkan sebagai ketua Tim Kreatif Subrayon 03 menyatakan bangga bisa bersama guru-guru pilihan di subrayon 03 Baturetno. “Kita akan segera melanjutkan aksi kita guna mendukung program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri,” tegas Cundoko.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 540 peserta yang terdiri atas undangan, kepala SMP, guru, dan karyawan SMP sesubrayon 03 Baturetno. Dalam sambutannya, Ketua MKKS Subrayon 03 Baturetno menyatakan optimismenya terhadap tim kreatif yang baru saja dikukuhkan.

Tim Kreatif Subrayon 03 Baturetno didukung oleh para guru pilihan dari semua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Subrayon 03 Baturetno. Tim terdiri atas penanggung jawab, pengarah, ketua, sekretaris, bendahara, serta tiga bidang utama. Ketiga bidang tersebut adalah Bidang Konten dan Inovasi Pembelajaran, Bidang Publikasi dan Festival, serta Bidang Seni Budaya. (AD)