Supervisi Akademik Berbasis TIK pada Era PJJ  di SD Negeri 1 Manyaran

Pada dasarnya setiap sekolah memiliki potensi untuk menjadi kreatif dan inovatif. Untuk dapat menjadikan sekolah tersebut menjadi sekolah kreatif dan inovatif sangat ditentukan salah satunya oleh kemampuan kepala sekolah, guru dan siswa untuk menemukan alternatif cara-cara baru dalam melihat, berpikir, dan bekerja serta melaksanakan proses pembelajaran. Kompetensi kepala sekolah khususnya kompetensi supervisi menjadi hal yang mutlak ditingkatkan dalam rangka perbaikan dan peningkatan mutu layanan pembelajaran melalui cara-cara mengajar guru yang inovatif dan sesuai dengan kondisi kekinian.

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi supervisi dalam rangka menghadirkan sekolah kreatif dan inovatif dalam konteks kekinian adalah mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pemanfaatan TIK ini juga memberikan kemungkinan perluasan akses yang mengurangi kesenjangan digital (digital devide) serta lebih menjamin keberhasilan pendidikan.

Dalam rangka melaksanakan hal tersebut maka Kepala SD Negeri 1 Manyaran (Asih Subekti, S.Pd.,M.Pd) sejak semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 sudah melaksanakan supervisi akademik berbasis TIK dan dilaksanakan kembali pada semester 2 kepada semua guru. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh kepala sekolah khususnya kompetensi supervisi, sehingga:

  1. menyusun perencanaan supervisi akademik dengan memanfaatkan TIK
  2. melaksanakan supervisi akademik dengan memanfaatkan TIK
  3. melaksanakan tindak lanjut supervisi akademik dengan memanfaatkan TIK

Hal yang dilaksanakan kepala sekolah pada perencanaan adalah membentuk Tim Supervisi Akademik Sekolah. Selanjutnya kepala sekolah bersama tim menganalisis laporan supervisi akademik tahun sebelumnya. Hasil analisis itu sebagai tindak lanjut untuk membuat program supervisi secara kolaboratif melalui microsoft word melalui akun sekolah. Kemudian kepala sekolah membuat instrumen pedoman praobservasi, observasi, dan pascaobservasi serta instrumen  kelengkapan administrasi guru melalui microsoft form dengan akun sekolah. Kepala Sekolah juga menyiapkan folder untuk administrasi guru melalui one drive sekolah. Hal ini dilakukan agar kepala sekolah bisa mengecek semua admistrasi guru secara online.

Langkah selanjutnya adalah membuat team kelas yang dilengkapi channel-channel  sosialisasi, praobservasi, observasi, pascaobservasi, dan tindak lanjut. Kepala Sekolah membuat perencanaan sosialisasi meliputi pembuatan link di channel sosialisasi dan presentasi di sway. Sosialisasi supervisi akademik melalui microsoft teams dan presentasi melalui sway kepada semua guru untuk konfirmasi jadwal supervisi akademik yang akan dilaksanakan. Sosialisasi Supervisi Akademik Semester 2 TP 2020/2021 Senin, 18 Januari 2020.

Kegiatan pelaksanaan supervisi akademik berbasis TIK diawali dengan kepala sekolah dengan kegiatan praobservasi. Hal yang dilakukan kepala sekolah di kegiatan ini adalah membuat link praobservasi masing-masing guru di channel praobservasi. Langkah kedua pada kegiatan ini adalah kepala sekolah melakukan wawancara dengan tiap guru melalui link praobservasi masing-masing dengan panduan instrumen praobservasi yang sudah disiapkan di microsoft form.

Langkah kedua pada pelaksanaan supervisi akademik berbasis TIK, kepala sekolah melaksanakan observasi kepada semua guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran secara daring melalui microsoft teams. Kepala sekolah menyiapkan link untuk masing-masing guru sesuai jadwal yang sudah disepakati melalui channel supervisi. Observasi dilaksanakan kepada masing-masing guru sesuai jadwal. Kepala sekolah melakukan observasi dibantu instrumen observasi pembelajaran.

Langkah ketiga pada pelaksanaan supervisi akademik, kepala sekolah melakukan wawancara pascaobservasi masing-masing guru setelah observasi dilaksanakan. Panduan wawancara menggunakan insrumen pasca observasi yang sudah disusun melalui microsoft form.

Tahap terakhir adalah Evaluasi  dan Tindak Lanjut. Pada kegiatan ini kepala sekolah melakukan analisis hasil perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran guru. Mengirim instrumen penilaian oleh siswa, orangtua dan oleh guru lain. Selanjutnya kepala sekolah membuat laporan hasil supervisi akademik.

Supervisi akademik berbasis TIK ini dilaksanakan dalam rangka memperbaiki mutu pembelajaran di SD Negeri 1 Manyaran. Semoga siswa semakin termotivasi untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dan guru juga semakin kreatif dalam pembelajaran. Pada akhirnya semoga bisa bermanfaat untuk semuanya.