Sukses PAK melalui Diklat Ragam Laporan Penelitian

Kegiatan In Service 2 Diklat Fungsional Ragam Laporan Penelitian untuk Penilaian Angka Kredit yang diselenggarakan oleh Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Subrayon 01 Wonogiri dilakukan secara daring (Sabtu, 15/1/2022). Kegiatan ini merupakan kelanjutan kegiatan In Service 1 yang dilakukan Sabtu, 8 Januari 2022. Antusias peserta juga tidak kalah dengan kegiatan yang lalu. Tercatat 231 peserta dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA yang bergabung melalui Room Meeting Microsoft Teams dan lebih dari 273 peserta menyimak melalui Streaming You Tube. Tepat pukul 09.00 WIB Diklat Fungsional Ragam Laporan Penelitian dimulai yang dipandu oleh Hery Susanto, dari SMP Negeri 3 Wonogiri sebagai host dan Ernawati, dari SMP Negeri 6 Wonogiri sebagai moderator. Pada In Service 2 kali ini Tarmo, Analis SDM Aparatur Ahli Muda pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menjadi narasumber menyampaikan Ragam Laporan Penelitian untuk Penilaian Angka Kredit.

Diklat diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan sambutan panitia diklat fungsional. Sri Nurhasanti, selaku perwakilan dari panitia kegiatan menyampaikan sambutannya yang berisi rencana kegiatan yang akan dilakukan di In Service 2 kali ini serta tujuan kegiatan antara lain diharapkan nantinya para peserta diklat mempunyai gambaran nyata bahwasannya penulisan laporan penelitian bukan hanya berupa PTK namun masih banyak laporan- laporan penelitian yang nantinya dapat dinilaikan.

Analis SDM Aparatur Ahli Muda pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Tarmo selaku narasumber pada kegiatan In Service 2 menyampaikan bahwasannya beliau sangat medukung karena kegiatan ini merupakan pengembangan diri yang sesuai dalam Buku 4 Pedoman PKB 2019 yaitu guru diwajibkan bertemu dengan guru yang lain minimal 12 kali dalam setahun agar saling bertukar pikiran dan pengalaman. Selanjutnya beliau menyampaikan macam publikasi ilmiah dan karya inovatif  berdasarkan Permenpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009 yang tertuang di Buku 4. Macam publikasi ilmiah tersebut antara lain presentasi di forum ilmiah, hasil penelitian, tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah populer, artikel ilmiah, buku pelajaran, modul/diktat, buku dalam bidang pendidikan, karya terjemahan, dan buku pedoman guru. Dari 10 macam tersebut masih dapat dijabarkan lagi yang dapat dinilaikan sebagai Angka Kredit. Sedangkan macam karya inovatif antara lain menemukan teknologi tepat guna, menemukan/menciptakan karya seni, membuat/memodifikasi alat pembelajaran/peraga dan alat-alat praktikum, serta mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman soal dan sejenisnya (nasional/provinsi). Terakhir beliau juga menyampaikan strategi-strategi agar lolos dalam pengusulan PAK serta menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para peserta diklat. Antusias para peserta diklat sangatlah tinggi dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan baik melalui kolom chat maupun melaui komunikasi langsung dengan narasumber. Di akhir kegiatan, para peserta juga diberikan materi yang telah disampaikan dan tugas Action Plan Diklat Ragam Laporan Penelitian.