Sukses Gelar Daring Penyusunan RPP PAUD di Masa Pandemi

Pendidikan jadi salah satu sektor yang terdampak pandemi coronavirus atau COVID-19, untuk mencegah terjadinya kerumunan masa, KKG TK Kecamatan Tirtomoyo kembali menggelar KKG secara daring dengan menggunakan platfon teams dan membahas Penyusunan RPP PJJ Semester 2. Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 WIB pada Jumat, 12 Maret 2021.  

Mengawali kegiatan pembukaan yaitu pemutaran lagu Indonesia Raya dan doa yang dipimpin oleh Siti Marheni,dilanjutkan laporan ketua KKG TK disampaikan oleh Kasbini, beliau memberikan informasi tentang peyelenggaraan KKG TK melalui daring dan pelaksanaan dilakukan beberapa titik karena sinyal daerah di kecamatan Tirtomoyo yang kurang labil. Jumlah peserta KKG TK di sebanyak 71 anggota diantaranya 26 kepala sekolah dan 45 guru.  

 Sambutan  oleh Korwil kecamatan Bidik Tirtomoyo, Eko Sri Hartanto, beliau menyampaikan dalam penyusunan Kegiatan PJJ semester 2 nanti ke depannya akan  menambah wawasan setelah diadakan KKG ini. PJJ luring bisa melalui siaran TV, Radio, Video PJJ Formal berbasis lembaga yang mentornya berbeda diluar lingkungan/dalam lingkungannya, dilokasi yang terpisah sehingga menumbuhkan komunikasi . Konsep PJJ sesuai permendikbud No. 24 Th 2020 sudah dapat melaksanakan meski tidak intensif, mudah-mudahan dapat menghasilkan kualitas pendidik yang baik dan maju sehingga harapan kita semoga anak didik menjadi anak harapan bangsa meski pembelajaran secara daring.  Para pendidik jangan gaptek dan dituntut untuk selalu bersinergi dalam memajukan anak didik kita. 

Pada kegiatan kali ini hadir  Kasi PTK Paud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Wonogiri, Banu Darussalam, beliau menyampaikan bagaimana menyusun strategi dalam menyampaikan pesan pendidikan dalam rangka PJJ. Untuk penyusunan RPP tidak dibuat sama semua ataupun seragam disesuaikan dengan visi misi masing-masing , dan disesuaikan dengan situasi kondisi lingkungannya dengan KI KD. Untuk penyusunan RPP, orang tua harus ikut dilibatkan agar mengetahui konsep yang dikembangkan, supaya pembelajaran dirumah lebih efektif karena guru tidak langsung terjun ke rumah. Kegiatan KKG ini untuk belajar bersama dan meningkatkan kompetensi mutu pendidikan, tidak hanya sekedar mendapatkan sertifikat saja.   

 Moderator Suwarto,  menyerahkan acara kegiatan inti yang disampaikan oleh narasumber pengawas TK kecamatan Tirtomoyo, Martinah,  materi  KKG terkait tentang  rencana  pelaksanaan  pembelajaran  merupakan  rancangan  bagi  guru  untuk  melaksanakan kegiatan   bermain   yang   memfasilitasi   anak   dalam   proses   belajar.   Rencana   pelaksanaan pembelajaran  dibuat  sebelum  kegiatan  pembelajaran  dilaksanakanRencana  pembelajaran harus  mengacu  kepada  karakteristik  (usiasosial  budayadan  kebutuhan  individual)  anak 

 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun untuk mendukung pencapaian Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti , mendukung keberhasilan pengelolaan pembelajaran yang bermakna, mengarahkan guru dalam menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dan mengarahkan guru untuk membangun sikappengetahuan dan keterampilan. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan tanya jawab, dan kegiatan ini berakhir pukul 11.30 WIB.