Strategi Pengumpulan Tugas Siswa Tanpa Penuhi Memori HP

Kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus Pattimura bersama dengan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Kecamatan Wuryantoro mengadakan kegiatan virtual dalam membantu guru menyelesaikan kendala-kendala dalam melaksanakan kegiatan PJJ. Kegiatan Kelompok Kerja Guru dilaksanakan melalui meeting room Microsoft Teams dari tempat kerja masing-masing. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Selasa, 16 Februari 2021 pukul 09.00 WIB sampai selesai. Peserta KKG daring terdiri guru kelas 1 s/d 6 Gugus Patimura dan guru PJOK Kecamatan Wuryantoro. Materi yang dibahas adalah mengulas tentang mudahnya pengumpulan tugas siswa tanpa memenuhi memori HP menggunakan google form melalui googe drive. Pertemuan daring dengan materi terselenggara lancar dengan Host Tri Mudiyatni, Guru SDN 3 Mlopoharjo. Kegiatan ini dibuka oleh Giri Rahayuningsih, Guru SDN 2 Mlopoharjo selaku moderator. Setelah pembukaan selesai dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya yang diputar oleh host. Peserta kemudian mengikuti penyampaian materi Google Drive dan Google Form oleh Tina Mardiyana narasumber dari SDN 4 Pulutan Kulon.

Materi Google Drive dan Google Form disampaikan oleh narasumber dengan jelas. Materi disajikan melalui share screen power point dan browser. Google drive dengan salah satu fitur di dalamnya yaitu google form memberikan kemudahan dalam membantu guru menyiasati pengumpulan tugas siswa tanpa memenuhi memori hp. Banyak guru yang mengeluhkan memori hp mudah penuh dan kerja hp menjadi berat. Hal ini dikarenakan guru biasa meminta siswa mengirimkan hasil kerja siswa melalui WA. Sehingga memori hp guru akan menjadi penuh. Selain itu file yang dikirim akan tersimpan dengan tidak beraturan pada galeri HP. Menggunakan Google Drive dengan salah satu fitur di dalamnya yaitu Google Form membantu guru untuk mengatasi masalah tersebut. Melalui Google Form siswa dapat mengirim tugas dengan mudah, serta hasil kerja siswa dapat tersimpan rapi dalam Google Drive yang dimiliki guru.

Peserta antusias dalam mengikuti kegiatan KKG ini. Pada sesi tanya jawab peserta menyampaikan pertanyaan pada narasumber. Salah satu pertanyaan diajukan oleh Chalys Yudha Prasetya guru PJOK SDN 3 Mojopuro mengenai cara pengiriman tugas kepada siswa. Pertanyaan ini mampu dijawab dengan jelas oleh narasumber dengan memberikan penjelasan praktik langsung pada Google Drive dan Google Form yang ditampilkan pada Teams. Selain itu, pada pada sesi lain-lain perwakilan dari KKG Gugus Pattimura (diwakili Ardiyana P. dan Susi Andrini) serta KKG PJOK (diwakili Chalys Yudha Prasetya dan Yuni Kartika) menyampaikan pengalaman PJJ di sekolah masing-masing baik kendala yang ada dan cara mengatasinya.

Kegiatan KKG berakhir dan ditutup oleh moderator ketika pertanyaan telah terjawab oleh narasumber dengan tuntas serta sesi berbagi pengalaman PJJ perwakilan dari KKG Gugus Pattimura dan KKG PJOK . Serangkaian kegiatan berjalan dengan lancar. Namun demikian, kami senantiasa akan terus memperbaiki kegiatan agar berjalan lebih baik lagi dan peserta lebih semangat dalam mengikuti kegiatan KKG.