Sosialisasi Pencegahan Stunting Melalui Pendidikan Keluarga

Sosialisasi yang diadakan atas kerjasama antara PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 6 Maret 2020 di Rumah Makan Laras Slogohimo dengan narasumber utama Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonogiri drh. Verawati Joko Sutopo, M.Si, Dosen Poltekes serta Kepala PP PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Distrik Purwantoro, Kepala Puskesmas Distrik Purwantoro dan Pengelola atau Pendidik PAUD Distrik Purwantoro.

Stunting merupakan salah satu gangguan tumbuh kembang yang dapat terjadi pada anak. Kondisi ini menyebabkan anak memiliki perawakan pendek. Kabar baiknya, stunting bisa dicegah sejak dini, bahkan sejak masa kehamilan.

Tujuan diberikannya Sosialisasi ini adalah

  1. Memberikan pengetahuan dan wawasan tentang pencegahan stunting.
  2. Untuk meningkatkan kesadaran publik dan perubahan perilaku masyarakat untuk hidup sehat.

Cara Mencegah Stunting : Stunting pada anak dapat dicegah sejak masa kehamilan hingga anak berusia dua tahun, atau disebut juga sebagai periode 1000 hari pertama kehidupan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko anak mengalami stunting :

  • Cukupi kebutuhan zat besi, yodium, dan asam folat;
  • Hindari paparan asap rokok;
  • Rutin melakukan pemeriksaan kandungan

Kesimpulan dari Sosialisasi ini yaitu Kabupaten Wonogiri perlu mempersiapkan generasi penerus yang lebih unggul. Para stakeholder, masyarakat dan semua pihak perlu bersama-sama terlibat secara langsung dalam penanganan stunting. Mengingat pentingnya pencegahan stunting, pemerintah kabupaten berupaya melakukan pencegahan melalui berbagai kegiatan yaitu pemberitan tablet tambah darah untuk remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, promosi ASI ekslusif, promosi makanan pendamping ASI, pemberian suplemen gizi mikro (Taburial), suplemen gizi makro (PMT), tata laksana gizi kurang/buruk.

(Penyerahan pohon kelor dari PP PAUD dan DIKMAS kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri)