Sosialisasi ANJAB dan ABK Bagi ASN Dinas P dan K

Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri mengadakan kegiatan sosialisasi ANJAB dan ABK Bagi ASN di lingkungan Dinas P dan K, Kamis (14/4/2022). Kegiatan dimulai pukul 08.00 bertempat di Gedung B Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dihadiri oleh seluruh ASN di lingkungan dinas, baik pejabat struktural, pengawas, dan staf.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja ASN agar bias bekerja lebih cepat, tepat, dan efisien. Yuli Bangun Nursanti selaku Kepala Dinas membuka kegiatan pagi ini dengan didampingi para Kepala Bidang. Beliau menyampaikan bahwa ANJAB berkaitan dengan dalam manajemen ASN, yaitu manajemen saat mengisi aktifitas pada aplikasi SiTampan. Uraian yang diisikan seharusnya disesuaikan dengan uraian tugas dalam ANJAB (Analisis Jabatan). “Dalam internal kita untuk pengangkatan Kepala Sekolah, pengangkatan Pengawas sudah disesuaikan dengan kiteria yang ada melalui pengisian angket atau instrument”, imbuhnya.

Pengisian ANJAB dan ABK ini terlihat seperti mudah namun dibutuhkan ketelitian. Maka perlu dipahami bagaimana cara atau proses pengisian ANJAB ini agar ibu bapak bias bekerja secara efektif dan efisien. “Lingkungan kerja ini ada banyak CCTV yang nantinya CCTV in akan menjadi peningkatan dalam kinerja kita kedepan”, kata bu Yuli.

Setelah pembukaan oleh bu Yuli dilanjutkan penyampaian materi oleh narasumber yaitu Bapak Ilham dari Bidang PTK. Disampaikan beliau bahwa ANJAB mengacu pada Kemenpan RB No 1 Tahun 2020, serta juknis Perka BKN No 10 Tahun 2021. Dilanjutkan pak Ilham menyampaikan poin-poin penting. Pengisian ANJAB dan ABK ini dalam bentuk form yang terdiri dari 3 sheet. Acara dilanjutkan dengan penjelasan cara pengisian dengan praktek langsung bagi ASN yang membawa laptop.