SMPN 1 Wonogiri Siap Gelar Uji Coba PTM

Sebagaimana diberitakan di beberapa surat kabar dan media elektronik, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo mengatakan bahwa uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) akan dilaksanakan di lima SD dan lima SMP di Wonogiri. Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan wali murid sudah menyepakati hal tersebut. Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri,Yuli Bangun Nursanti, uji coba PTM akan segera dilaksanakan di Wonogiri. Terdapat beberapa SD yang diajukan dalam simulasi atau uji coba PTM diantaranya adalah SD Negeri 1 Wonogiri, SD Negeri 1 Wuryantoro, SD Negeri 2 Baturetno, SD Negeri 1 Jatisrono dan SD Negeri 2 Purwantoro. Selain jenjang SD, uji coba PTM juga akan dilakukan di beberapa SMP, yakni SMP Negeri 1 Wonogiri, SMP Negeri 1 Eromoko, SMP Negeri 1 Baturetno, SMP Negeri 1 Jatiroto dan SMP Negeri 1 Purwantoro. Jumlah siswa yang masuk kurang dari 50 persen atau sama 50 persen dengan model shift.

Dalam rangka persiapan uji coba PTM yang rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 5 April 2021, guru dan karyawan SMPN 1 Wonogiri melaksanakan kerja bakti membersihkan kelas dan lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 25 Maret 2021 mulai pukul 08.00 WIB. Sebelum membersihkan kelas, para guru dan karyawan melaksanakan rapat di ruang guru untuk menerima informasi mengenai apa saja yang harus dikerjakan dalam kegiatan kerja bakti, dan dilanjutkan apel bersama di halaman sekolah. Kemudian para guru dan karyawan mengambil peralatan kebersihan untuk membersihkan kelas dan lingkungan sekolah.

Kerja bakti yang dipimpin Waka Kesiswaan Joko Trihono dan Waka Sarpras Bambang Priyambodo yaitu membersihkan ruang kelas dengan menyapu lantai, mengepel lantai, mengelap meja dan kursi serta jendela kelas. Kemudian dilanjutkan dengan mengecek dan mencatat kondisi barang-barang yang ada di kelas, seperti papan tulis, spidol, penghapus LCD Proyektor, meja, kursi, lemari buku, AC, lampu, gambar presiden dan wakil presiden, gambar Garuda Pancasila, alat-alat kebersihan kelas, dan sebagainya.