SMPN 1 Wonogiri Gelar Pengajian Sambut Ramadan 1444 H

SMPN 1 Wonogiri menyelenggarakan pengajian pada Selasa, 21 Maret 2023 mulai pukul 08.00 WIB dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1444 H. Kegiatan berlangsung di bangsal sekolah dan dihadiri oleh kepala sekolah, guru, karyawan, dan seluruh siswa yang beragama Islam.

Kegiatan diawali dengan pembacaan susunan acara dan pembukaan oleh pembawa acara, Fransisca Desy selaku Guru PAI, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sari tilawah oleh Alfrio Damar dan Airin Rembulan. Laporan ketua penyelenggara disampaikan oleh Darmawan Basri selaku Guru PAI. Beliau menyampaikan bahwa ada banyak kegiatan yang akan dilaksanakan selama Ramadan kali ini yaitu pengajian sambut Ramadan, tausiah pagi, gerakan infak, penguatan tadarus Al-Qur’an, sertifikasi baca Al-Qur’an bagi Kelas 9, pembagian takjil, santunan duafa, buka bersama dilanjutkan Salat Tarawih, dan pengelolaan zakat fitrah.

 

Kepala sekolah, Sri Nuryati, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Dalam sambutan pengarahannya beliau memberi motivasi kepada siswa agar tetap semangat dalam melaksanakan puasa mulai hari Kamis nanti. Harapan Kepala Sekolah semoga para siswa diberikan kekuatan dan kesehatan sehingga dapat menjalankan seluruh rangkaian kegiatan yang telah dirancang oleh Panitia Ramadan SMPN 1 Wonogiri, dan semoga kita menjadi manusia yang lebih baik dan lebih bertakwa.

Acara selanjutnya adalah tausiah yang disampaikan oleh dua siswa yaitu Dzaki Ahnaf Musthofa kelas 7F dan Alma Sayra Sunu Sinathrya kelas 9A. Keduanya menyampaikan tausiah dengan penuh semangat dan memotivasi semua siswa agar menjalankan ibadah puasa dengan bersungguh-sungguh karena pahalanya sangat besar. Dalam tausiahnya, keduanya juga menyampaikan beberapa pantun sehingga dapat menghidupkan suasana.

Sebagai acara terakhir yaitu tausiah dari Ustaz Tri Widodo, beliau mengingatkan tentang pentingnya membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Semua siswa diharapkan dapat membaca Al-Qur’an setiap hari, terlebih lagi di bulan Ramadan pahalanya akan dilipatgandakan. Jangan lupa untuk bersedekah karena sedekah yang paling baik adalah pada bulan Ramadan.

Sebagai penutup, Tri Widodo menyampaikan nasihat bahwa selaku insan yang taat beragama agar senantiasa meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, ada banyak amalan di bulan Ramadan yang bisa kita lakukan, kita harus memaksimalkannya dan meraih takwa. Jangan lupa selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Semoga semua siswa SMPN 1 Wonogiri menjadi anak yang cerdas, berkarakter kuat, dan berprestasi. Beliau menutup kegiatan dengan doa. Seluruh peserta yang hadir sangat antusias dalam menyimak tausiah dari menit awal hingga akhir.