SMPN 1 Ngadirojo Sukses Gelar PTS Sistem Blended dengan Garuda 21

SMPN 1 Ngadirojo pada tanggal 7-12 Maret 2022 melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) genap tahun pelajaran 2021/2022. PTS kali ini menggunakan sistem blended, yaitu campuran antara pengerjaan peserta didik melihat lembar soal secara langsung dan mengirim jawabannya di aplikasi garuda 21 yang sudah bisa diakses di gawai akun peserta didik. Sistem pengerjaan soal ini baru pertama kali dilakukan, karena SMPN 1 Ngadirojo merupakan piloting sekolah digital di Kabupaten Wonogiri, maka dalam proses evaluasi kegiatan pembelajaran ini mengimplementasikan digitalisasi.

Sebelum pelaksanaan kegiatan tentunya diperlukan perencanaan agar pelaksanaan kegiatan PTS tersebut berjalan dengan baik. Panitia PTS dan Tim ICT sekolah mengadakan sosialisasi dan pengecekan seluruh akun yang sudah terinstal di HP peserta didik sehingga aplikasi tersebut berjalan dengan baik dan bisa digunakan dengan lancar. Selanjutnya dari Tim ICT sekolah membuat video panduan pengerjaan soal dan video tersebut diupload juga di chanel youtube SMPN 1 Ngadirojo Wonogiri. Sebelumnya seluruh guru juga sudah memberikan pembelajaran digital seperti materi, tugas, dan penilaian harian di Learning Management System (LMS) Garuda 21 ini, sehinga peserta didik akan terbiasa menggunakan aplikasi tersebut dalam pengerjaan PTS nantinya. Setelah seluruh peserta didik mengerti dan tidak ada kendala teknis, dilanjutkan dengan sosialisasi seluruh guru tentang teknis PTS sistem blended ini. Selanjutnya Tim ICT bekerja untuk mengupload option jawaban dan soal uraian ke aplikasi garuda 21. Untuk pengerjaan nanti peserta didik menerima soal manual tetapi untuk pengerjaan jawaban pilihan ganda dan uraian dikerjakan diupload secara online di aplikasi. Peserta didik tidak bisa browsing mencari materi di HP masing-masing, karena aplikasi ini dirancang untuk tidak bisa keluar sebelum menyelesaikan jawabannya. Peserta didik juga tidak bisa mengirimkan jawaban ke temannya karena setelah membuka aplikasi ini, layar akan terkunci dan apabila dipaksakan akan bisa terdeteksi dari menu admin dan aplikasi akan berhenti tidak bisa dibuka lagi.

Setelah jawaban peserta didik terkirim selanjutnya guru akan melakukan penilaian. Untuk jawaban pilihan ganda akan dikoreksi secara otomatis oleh sistem, sehingga nilai akan muncul otomatis. Untuk uraian guru harus mengoreksi di aplikasi dengan melihat jawaban peserta didik yang diupload. Setelah semuanya dikoreksi dan disimpan, secara otomatis nilai hasil PTS baik pilihan ganda dan uraian akan dapat dilihat di menu akun peserta didik dan orang tua. Dengan demikian orang tua bisa dapat mengevaluasi hasil PTS yang dilakukan oleh anaknya, hal ini juga merupakan salah satu bentuk pelayanan prima yang cepat kepada orang tua peserta didik. Dengan hasil tersebut orang tua akan lebih memotivasi dan memantau anaknya untuk lebih fokus dalam belajar. Setelah selesai pelaksanaan PTS seluruh guru melakukan evaluasi hasil kegiatan tersebut. Dari hasil evaluasi secara umum pelaksanaan PTS sistem blended di SMPN 1 Ngadirojo dengan menggunakan aplikasi garuda 21 berjalan dengan baik dan lancar, dengan demikian sistem ini bisa diterapkan untuk ujian berikutnya tentunya perlu adanya persiapan, penyempurnaan dan fasilitas yang lebih baik lagi.