SMPN 1 Ngadirojo Laksanakan Pelatihan  Chromebook Gsuite dan Desain Canva

SMPN 1 Ngadirojo pada pertemuan ketiga telah selesai melaksanakan pelatihan penggunaan Chromebook Gsuite dan desain canva (Sabtu, 3/4/2021). Kegiatan yang  sudah dimulai pada 29 Maret 2021 dan 1 April 2021 dilaksanakan dengan kombinasi daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan. Pada kegiatan di pertemuan pertama dibuka oleh host Sutarjo, pertemuan kedua oleh Sri Martuti dan pertemuan ketiga oleh Sri Lestari. Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Tim IT di SMPN 1 Ngadirojo yaitu Pudi Sri Maryatmo, Herma Rusdianawati, Lusita Indriaswati, Ronas Anjarwati, dan Sri Martuti. Kepala SMPN 1 Ngadirojo Hartanto, menyampikan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka peningkatan kompetensi guru untuk menunjang proses pembelajaran baik secara daring dan luring. Akun pembelajaran ini bertujuan untuk mendukung kegiatan belajar dari rumah di masa pandemi dan mendukung proses pembelajaran di satuan pendidikan melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi. Dasar dari pemanfaatan akun ini adalah Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2020 tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran bagi Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan. Sekolah diharapkan mampu memberikan pelayanan prima kepada peserta didik, orang tua dan masyarakat. SMPN 1 Ngadirojo sudah memiliki chromebook layar sentuh atau touchscreen dan siap digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Narasumber menyampaikan materi tentang pengenalan chromebook. Chromebook  adalah laptop yang berjalan di sistem operasi google yang dikenal sebagai chrome OS atau Sistem Operasi chrome, bukan windows atau mac OS. Notebook ini harus terhubung ke internet untuk penggunaan yang optimal, karena sebagian besar aplikasi atau softwarenya berada secara online dan memerlukan koneksi internet untuk menjalankan aplikasi. Selanjutnya narasumber menjelaskan akun pembelajaran gsuite yang didapatkan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang digunakan untuk mengakses aplikasi pembelajaran. Jenis aplikasi pembelajaran yang dapat diakses dengan akun pembelajaran antara lain pos elektronik (e-mail), penyimpanan dan pembagian dokumen secara elektronik, pengelolaan administrasi pembelajaran secara elektronik, penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik, pelaksanaan proses pembelajaran secara daring, baik secara sinkronis maupun asinkronis , rumah belajar Kemendikbud untuk materi pembelajaran web dan menyimpan data.

Seluruh peserta dalam pelatihan luring mempraktikkan fasilitas yang ada dalam chromebook tersebut. Seluruh peserta lalu dimasukkan dalam classroom SMPN 1 Ngadirojo yang telah dibuat dengan domain @guru.smp.belajar.id. Selanjutnya seluruh peserta melaksanakan panggilan video yang otomatis sudah ada di dalam classroom google meet dengan domain tersebut. Setelah selesai pengelolaan chromebook dan akun guru belajar, narasumber menyampikan pembuatan flyer dan twibbon dengan memanfaatkan aplikasi canva. Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula. Setelah selesai membuatnya seluruh peserta menyimpan dan mengirimkan hasil pembuatannya ke classroom SMPN 1 Ngadirojo dengaan domain @guru.smp.belajar.id. Seluruh peserta yang hadir dalam sesi luring berhasil membuat dan mengirimkan ke dalam classroom tersebut. Ini menunjukkan semangat seluruh guru di SMPN 1 Ngadirojo dalam melaksanakan pelatihan. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan tambahan ilmu bagi para guru yang nantinya dapat diterapkan dalam mendukung proses pembelajaran berbasis teknologi informasi di SMPN 1 Ngadirojo.