SMP Negeri 1 Wonogiri Gelar Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran

Pandemi Covid-19 yang masih terus mewabah hingga saat ini, menuntut semua pihak, salah satunya bidang pendidikan melakukan strategi cerdas dan inovatif agar berbagai aktifitas pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik. Konsep belajar tiada henti dalam segala situasi, harus menjadikan semangat para guru agar kreatif dalam rangka turut mencerdaskan peserta didik sebagai generasi emas bangsa di masa mendatang.

Untuk menyikapi hal tersebut, SMP Negeri 1 Wonogiri menggelar Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran bagi seluruh guru SMP Negeri 1 Wonogiri pada Rabu-Kamis (12-13/8/2020). Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB bertempat di Hall SMP Negeri 1 Wonogiri.

Kepala Sekolah, Sri Nuryati, S.Pd.,M.Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan positif tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan sekaligus keterampilan kepada para guru SMPN 1 Wonogiri dalam proses pembuatan video pembelajaran secara mandiri. Jika para guru sudah mampu membuat dan mengedit video pembelajaran, maka materi yang disampaikan kepada perserta didik akan lebih menarik dan tidak membosankan. Proses tersebut mencakup aspek persiapan materi pelajaran, rekaman, pemanfaatan greenscreen, hingga proses editing yang bisa dilakukannya secara mandiri dan fleksibel di mana saja dan kapan saja.

“Kegiatan Pelatihan ini merupakan program lanjutan setelah sebelumnya para guru mengikuti In House Training Penggunaan Office 365 untuk melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),” ungkap Sri Nuryati, S.Pd., M.Pd.

Lebih lanjut, Kepala Sekolah menyatakan, bahwa semua guru harus saling bekerja sama agar hak-hak dasar para peserta didik  tetap mendapat porsi utama dalam layanan pendidikan yang dilaksanakan. Beliau berharap para guru melakukan berbagai upaya positif agar proses pembelajaran di masa pandemi ini dapat berjalan baik, menarik dan tetap berkualitas.

Adapun kegiatan pelatihan hari pertama meliputi: registrasi peserta, sambutan dan pembukaan kegiatan, pemaparan materi pembuatan video pembelajaran, tanya jawab, dan penutup. Sedangkan kegiatan pada hari kedua meliputi: registrasi peserta,  lanjutan pemaparan materi pembuatan video pembelajaran, presentasi peserta, tanya jawab, dan penutup.

Kegiatan yang diikuti seluruh Guru SMPN 1 Wonogiri ini menghadirkan Narasumber Fajar Prihattanto, S.Pd dari SMPN 1 Baturetno, dimana beliau adalah peraih Juara 3 Nasional Festival Film Edukasi tahun 2019. Materi diklat pembuatan video pembelajaran yang disampaikan meliputi: pengertian video pembelajaran, kelebihan video pembelajaran, langkah-langkah pembuatan video pembelajaran, jenis video pembelajaran, dan peralatan yang dibutuhkan dalam membuat video pembelajaran.

Menurut Fajar Prihattanto, S.Pd., pembuatan video sebagai media pembelajaran supaya dibuat semenarik mungkin sesuai mata pelajaran yang diampu. ”Untuk pembuatan video yang menarik diperlukan materi yang menarik juga, bapak ibu perlu menyiapkan sebuah file powerpoint atau file video, gambar atau animasi, warna yang menarik serta gunakan aplikasi Shotcut yang gratis dan tanpa watermark.”

Para guru sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini sampai selesai. Adapun bagi guru yang masih kesulitan dalam membuat dan mengedit video pembelajaran dapat melihat tutorial pada channel youtube kantata ilmu dan blog https://www.kantatailmu.com. Reportase berupa video kegiatan pelatihan dapat disaksikan di link: https://www.youtube.com/watch?v=B-Tl7HTRM0s&t=27s, https://www.youtube.com/watch?v=fuvpUIayzAU&t=248s, https://www.youtube.com/watch?v=RkU2ZSrQUNw.