SMP Negeri 1 Manyaran Laksanakan PTS Online Menggunakan Mobile Exampro

SMP Negeri 1 Manyaran sebagai salah satu dari lima sekolah Piloting Sekolah Digital di Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Penilaian Tengah Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 secara online dari tanggal 8 sampai dengan 13 Maret 2021 menggunakan aplikasi Mobile Exampro. Aplikasi ini merupakan salah satu fitur tambahan dari Microsoft Office 365 yang diberikan kepada 5 sekolah yang ditunjuk sebagai Piloting Sekolah Digital di Kabupaten Wonogiri.

Untuk mempersiapkan kegiatan PTS online menggunakan aplikasi Mobile Exampro diawali dengan koordinasi bersama antara kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan secara daring menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Bertindak sebagai moderator Bapak Susanto yang merupakan salah satu guru di SMP Negeri 1 Manyaran. Warno selaku kepala SMP Negeri 1 Manyaran dalam sambutannya mengatakan “Sebagai upaya implementasi program piloting sekolah digital di Kabupaten Wonogiri maka sekolah kita dalam pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap tahun ini akan melaksanakan ujian atau test secara online khususnya untuk kelas piloting yaitu kelas 7F dan 8F, sehubungan dengan hal itu kepada Tim Pengelola Piloting Sekolah Digital SMP Negeri 1 Manyaran supaya mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan tersebut mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan agar kegiatan tersebut dapat berjalan lancar dan sukses”.

Selanjutnya Tim Pengelola Piloting Sekolah Digital SMP Negeri 1 Manyaran melakukan koordinasi tim dan menindaklanjuti tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam melaksanakan PTS Online menggunkan aplikasi Mobile Exampro. Sumardi selaku admin dari aplikasi Mobile Exampro di SMP Negeri 1 Manyaran bersama-sama guru mata pelajaran yang mengajar di kelas piloting melakukan tahapan-tahapan tersebut mulai dari membuat jadwal ujian dan input soal, sedangkan untuk sinkronisasi, pembuatan token sampai dengan pengiriman soal kepada siswa dilaksanakan oleh admin Mobile Exampro sekolah. Dalam satu hari siswa menyelesaikan ujian sebanyak 2 mata pelajaran sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dan dikerjakan di rumah masing-masing menggunakan handphone yang sudah diinstal aplikasi Mobile Exampro.

Antusiasme peserta didik saat melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap online mnenggunakan aplikasi Mobile Exampro sangat tinggi, hal itu dikarenakan mereka merasa mendapatkan tantangan baru dan pengalaman baru melakukan test secara bersama-sama dan dikerjakan secara online menggunakan hp android mereka masing-masing. Namun, dalam pelaksanaanya tetap saja ditemui beberapa kendala seperti lemahnya jaringan internet di daerah tempat tinggal siswa. Berkat bimbingan dan arahan yang dilakukan oleh admin Mobile Exampro SMP Negeri 1 Manyaran Sumardi, serta kerjasama dan dukungan orangtua siswa akhirnya kendala tersebut dapat diatasi. (ST)