Rafi Hastu Muqsith ( 13 tahun ) dalang cilik asal Kabupaten Wonogiri berhasil meraih Juara II Festival Dalang Cilik Nasional di Pendhapa Gede Balai Kota Surakarta tanggal 6 November 2019.

Siswa SMP N 5 Wonogiri itu membawakan lakon “ Suwanda Kusuma Yudha “ yang menceritakan kematian Patih Suwanda alias Raden Sumantri dalam peperangan melawan Pabu Rahwana.

Festival Dalang Cilik Nasional digelar oleh Pemkot Surakarta dalam rangka memperingati hari wayang. Rafi Hastu sebelumnya pernah mengukir prestasi gemilang. Dia beserta para pengrawit dan sinden dari SMP 5 Wonogiri meraih juara dalam Festival Dalang Bocah tingkat Nasional di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, 21 september 2019 lalu.

Dia (Rafi Hastu) menempati peringkat pertama sebagai penyaji terbaik penguasaan iringan di ajang tersebut. Saat itu dia membawakan lakon sumantri, hadiahnya berupa piagam, piala dan uang pembinaan. Selain itu Rafi Hastu mendapat kenang-kenangan berupa wayang kulit Wisanggeni prada emas dari ketua persatuan pedalangan Indonesia (pepadi).