Sidoharjo Adakan Vicon di Masa Pandemi Wabah Covid 19

   Di tengah kondisi wabah Covid 19, Forum KKG dan K3S Kecamatan sidoharjo menyelenggaran vicon pada Sabtu, 30 Mei 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk  meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik di masa pandemi Covid 19. Kegiatan ini diikuti oleh K3S Kecamatan Sidoharjo, Kelompok Kerja Guru. yakni : KKG Sinar Harapan, KKG Tunas Bangsa, dan KKG Kusuma Bangsa. KKG Pendidikan Agama Islam dan KKG Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Keikutsertaan peserta dapat maksimal karena masing-masing ketua Kelompok Kerja bertanggung jawab terhadap anggotanya. Guru yang yang ada di sekolah mengikuti di sekolah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, adapun guru yang Work From Home mengikuti dari rumah dan mengisi daftar hadir secara online di akhir kegiatan.

    Pelaksanaan kegiatan Vicon Forum KKG dan K3S Kecamatan Sidoharjo dipandu oleh Sariyo, S.Pd. sebagai Host,  Sulimah, S.Pd. sebagai moderator. Cisco Webex metting sebagai media memungkinkan pengguna untuk bertemu secara online, berkolaborasi dan berbagi konten. Kepala Sekolah dan Guru SD Kecamatan Sidoharjo kebanyakan sudah mampu menggukanan media ini, sehinnga kegiatan Vicon bisa berjalan lancar. Kendala utama adalah ada beberapa titik yang signal internet lemah. Forum KKG dan K3S terus akan berupaya melakukan berbagi kegiatan untuk menunjang kencaran pendidikan di Kecamatan Sidoharjo sampai kondisi normal. 

    Koordinator Bidang Pendidikan kecamatan Sidoharjo, Drs Sukar, M.Pd. bertanggung jawab penuh pelaksanaan kegiatan ini. Dalam sambutannya saat membuka acara  pelaksanaan vikon beliau menyampaikan, “ Kita sebagai guru, kita sebagai pendidik dan pengajar, jangan hanya diam saja, mari kita tetap produktif, kita tetap berkarya, demi kelancaran dan kemajuan pendidikan di Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri”. Terutama guru-guru muda yang sangat berpotensi supaya tetap berkarya agar benar-benar menjadi guru yang profesional. Ini tentunya menjadikan tambahan motivasi bagi para guru di tengah merebahnya wabah Covid 19.

    Materi pokok dalam Vicon adalah Penilaian hasil belajar peserta didik di masa pandemi, disampaikan oleh Hendriyawati, S.Pd.,M.Pd.(Pengawas Sekolah Bidik Kecamatan Sidoharjo). Dalam paparannya disampaikan dengan jelas setidaknya ada tiga manfaat melakukan penilaian hasil belajar peserta didik. Dengan melaksanakan penilaian, guru akan memperoleh data tentang kemajuan belajar siswa. Guru akan mengetahui apakah materi yang diajarkannya sudah sesuai atau tidak dengan kemampuan siswa, sehingga dapat dijadikan pertimbangan untuk menentukan materi pelajaran selanjutnya. Guru dapat melakukan perbaikan pembelajaran yang sudah dilaksankan. Mayoritas SD di Kecamatan Sidoharjo sudah melaksanakan Kurikulum 2013. Ruang lingkup penilaian meliputi Sikap (religius dan sosial), pengetahuan, dan ketrampilan. Sedangkan sekolah yang masih memberlakukan Kurikulum KTSP penilaian tetap berpedoman peda penilaian KTSP.  Pada dasarnya kegiatan penilaian adalah tugas guru yang mana guru sudah melaksanakan secara rutinitas, tetapi di masa pandemi ini belajar mengajar dari rumah dan tetap melakukan penilaian melalui pembelajaran yang dilakukan guru sesuai pembelajaran daring yang dipilih. Ada guru menganggap penilaian pada kurikulum 2013 ini sangat ribet, terlalu banyak yang ditulis, sulit menetukan prestasi siswa, sulit membedakan siswa. Dengan adanya paparan materi ini guru semakin paham dan mampu melakukan penilaian terhadap peserta didik sampai menjadi buku laporan berupa rapor

    Selanjutnya pemateri mengulas tentang penilaian pada Kurikulum 2013. Nilai sikap Spiritual (K1), yang meliputi Nilai utama karakter pada Sikap Spriritual (KI-1) yaitu: 1) Religiusitas, diantaranya: beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat beribadah, bersyukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, dll. 2) Integritas, diantaranya: jujur, rendah hati, santun, tanggung jawab, keteladanan, komitmen moral, cinta kebenaran, menepati janji, anti korupsi, dll. Penilaian Sikap Sosial (KI-2). Nilai utama karakter pada Sikap Sosial, yaitu: 1) Nasionalisme, diantaranya: cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai kebhinekaan, menghayati lagu nasional dan lagu daerah, cinta produk Indonesia, cinta damai, rela berkorban, taat hukum, dll. 2) Kemandirian, diantaranya: disiplin, percaya diri, rasa ingin tahu, tangguh, bekerja keras, mandiri, kreatif-inovatif, pembelajar sepanjang hayat, dll. 3) Gotong royong, diantaranya: suka menolong, bekerjasama, peduli sesama, peduli lingkungan, kebersihan dan kerapian, kekeluargaan, aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, dll. 4) Integritas, diantaranya: jujur, rendah hati, santun, tanggung jawab, keteladanan, komitmen moral, cinta kebenaran, menepati janji, anti korupsi, dll.

    Penilaian Pengetahuan (KI-3) dapat dilakukan melalui tes. Tes dapat dilakukan secara lisan, tertulis, dan Penugasan. Di masa pandemi guru dapat melakukan tes secara On Line. SD kelas atas rata-rata sudah mampu menggunakan Android yang dapat dilakukan untuk pembelajaran secara daring. Setidaknya guru dapat mengadakan tes tertulis maupaun penugasan. Adapun penilaian Ketrampilan (KI-4) meliputi : praktik, produk, dan projek. Banyak hal yang dapat dilakukan guru ketika seiswa belajar dari rumah. Siswa dapat membuat projek, maupun produk. Di masa pandemi guru dapat menugaskan kepada siswa sejauh mana siswa memahami tentang Covid 19.  Selanjutnya guru mampu menginventarisasi tagihan siswa dan mengadakan penilaian hasil belajar di masa pandemi terutama siswa SD kelas atas.

    Pada sesi akhir kegiatan vicon ini dilaksanakan tanya jawab yang dipandu oleh moderator dan host yang mengatur mikrofon peserta agar prosen tanya jawab dapat berjalan lancar. Sesi tanya jawab dibagi 2 termin dengan 3 penanya. Hal-hal yang ditanyakan hampir ada kemiripan. Pada dasarnya peserta senang mengikuti kegiatan melalui vicon ini. Perlu adanya pelatihan agar semua guru mampu mengikuti secara mandiri. KKG dapat melakukan kegiatan vicon secara mandiri sesuai materi pada proposal maupun menyesuaikan situasi saat ini. K3S dapat memfasilitasi kegiatan vicon agar tak terkendala signyal setiap SD di Kecamatan Sidoharjo dapat dipasang Wifi yang dianggarkan dari dana BOS. 

    Semoga kegiatan vicon melalui Cisco Webex Metting di Kecamatan Sidoharjo dapat terus ditingkatkan demi kelancaran pelaksanaan pendidikan di Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri bertekad “Sesarengan mBangun Wonogiri.” (ditulis oleh : Sunarno, S.Pd.SD. PiSDN 3 Widoro)