Sicita Challenge Warnai Peringatan Haornas SD Negeri 1 Kedunggupit

Tepat hari Jumat (9/9/2022) masyarakat Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional. Tema yang diusung pada tahun ini adalah “Bersama Cetak Juara”. Diharapkan semua elemen masyarakat bisa bersinergi, bergerak bersama mencetak atlet tangguh kebanggaan bangsa. Untuk menyemarakkan Peringatan Haornas, SD Negeri 1 Kedunggupit pada kesempatan ini mengadakan SICITA CHALLENGE yang dikuti oleh siswa kelas 3 sampai kelas 6 yang terbagi menjadi 9 kelompok. SICITA merupakan senam cinta tanah air yang menggambarkan nilai-nilai Pancasila dalam gerakan-gerakannya, seperti membuka lima jari tangan yang melambangkan 5 sila dalam Pancasila. Lantunan musik-musik daerah dan nasional diaransemen secara apik sehingga menambah semangat aura senam SICITA.

Peringatan Haornas di SD Negeri 1 Kedunggupit pada kesempatan ini diawali dengan senam massal SICITA, pembukaan oleh Kepala Sekolah, penyematan tanda peserta, SICITA CHALLENGE, dan penutup. Dalam pagelaran senam massal SICITA dipandu oleh siswa kelas 6. Semua siswa dan bapak/ibu guru semangat dan antusias mengikuti senam. Dilanjutkan oleh pembukaan dari Sularno selaku Kepala Sekolah yang menyampaikan tentang makna Haornas di Tahun 2022. Kemudian penyematan tanda peserta kepada masing-masing kelompok yang diwakili oleh ketua kelompok.

Pagelaran SICITA CHALLENGE berlangsung sangat meriah di halaman sekolah. Masing-masing kelompok menampilkan SICITA (Senam Cinta Tanah Air) dengan penuh semangat. Setiap kelompok terdiri dari 5-7 orang dan harus melakukan senam tersebut dengan durasi kurang lebih delapan menit. Antusias peserta sangat tinggi terlihat dari formasi, kostum, dan gerakan yang mereka tampilkan. Adapun aspek penilaian dari pagelaran ini meliputi 4 aspek diantaranya kostum yang mereka kenakan, formasi, dukungan youtube, serta gerakan. “Kegiatan SICITA CHALLENGE merupakan salah satu upaya sekolah untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap gerakan-gerakan yang ditampilkan siswa dalam senam tersebut”, tegas Sularno selaku Kepala Sekolah.

Dalam sebuah kompetisi tentunya ada yang menang dan ada yang kalah, untuk penentuan juara diambil dari 3 kelompok terbaik dan berhak mendapat piala yang menurut rencana akan diumumkan saat pelaksanaan Upacara Bendera karena masih menanti statistik dukungan youtube selama 3 hari kedepan. Semoga kegiatan ini dapat memacu prestasi siswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik, siswa-siswi SD Negeri 1 Kedunggupit tetap dapat berkarya dalam kondisi apapun. (LM)