Seminar Sinergitas Peran Tri Pusat Pendidikan dalam Menguatkan Karakter Generasi Emas

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar kegiatan seminar pada Jumat, (24/11/2023). Kegiatan kerjasama Bidang PTK dengan MKKS Kabupaten Wonogiri. Bertempat d Aula Gedung B Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kegiatan ini berlangsung dengan peserta Guru BK SMP Negeri/Swasta se- Kabupaten Wonogiri dan Wakasek Kesiswaan SMP Negeri se- Kabupaten Wonogiri. Jumlah total peserta kurang lebih 248 peserta.

Seminar ini dibuka dengan sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sriyanto. Beliau menyampaikan bahwasanya pendidikan memiliki peran sangat penting dalam penguatan karakter peserta didik. “Sehingga akan lahir generasi emas penerus bangsa yang luar biasa”, imbuh beliau. Beliau juga berharap bahwa kegiatan seminar ini dapat memberi motivasi kepada para pendidik, bapak ibu yang telah hadir pada hari ini.

Kemudian dilanjutkan dengan materi inti oleh Ibu  Verawati Joko Sutopo  selaku Ketua TPPKK Kabupaten Wonogiri dengan tema “Dunia Pendidikan Kita”. “Tanpa disadari perubahan zaman yang semakin pesat mengharuskan kita ikut dalam proses  umum harus turun serta dalam mendidik peserta didik mengikuti perkembangan zaman tapi tidak tergerus”, ucap beliau. Anak juga perlu dibekali cara mengambil keputusan. Dengan begitu anak akan mengenal arti konsekuensi. Para orang tua harus mendampingi anak dalam menentukan batasan, baik itu di rumah maupun di sekolah. Pada dasarnya peserta didik itu diperlakukan dengan pendekatan hamanis dan sebuah evaluasi bukan penilaian.