Semarakkan FAM, Kesenian Tradisional dan Kreasi Baru Tampil Memesona

Pemerintah Kabupaten Wonogiri menggelar Festival Agustus Merdeka (FAM) di Alun-alun Giri Krida Bakti mulai Senin (1/8/2022) dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Beraneka pagelaran seni dan budaya, mulai dari kesenian tradisional sampai kreasi baru ikut tampil memeriahkan agenda tersebut. Sabtu (6/8/2022) bertepatan dengan hari keenam pelaksanaan FAM menampilkan Tari Kolosal Eloknya Wonogiriku oleh 500 siswa TK, Line Dance oleh 500 guru SD/SMP, Tari Juara FLS2N SD/SMP, Pantomim SD, Fashion Show, Reog, Kethek Ogleng, dan Ketoprak. Pentas budaya hari ini dimulai pukul 07.30 WIB dan berakhir hingga pukul 22.00 WIB.

Sebanyak 500 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dikawal 100 guru pendamping memulai aktivitas seni di Alun-alun Giri Krida Bakti dengan menampilkan tarian kolosal Eloknya Wonogiriku. Tampil memukau dengan segala pernak-perniknya, tarian ini diperagakan penuh energik dipandu oleh 170 guru yang bertugas sebagai pembawa bendera untuk menyatukan gerak lincah dan lucu. Menutup pentas seni dan budaya sesi pagi ini dengan menampilkan Line Dance oleh 250 guru SD dan 250 guru SMP. Lagu Wonogiri Sukses mengiringi goyang cha..cha..cha.. dan yel-yel Ayo Mas, Ayo Mbak, Go Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri mengekspresikan luapan semangat dan kegembiraan dalam rangka menyemarakkan ulang tahun kemerdekaan.

Sesi sore diawali dengan menampilkan juara ketiga FLS2N jenjang SD tahun 2022 cabang seni tari. Lagu Angglonge Pagebluk mengiringi gerak lincah Belva, Aurelia, dan Areta dari SD Nawa Kartika Selogiri. Tampil berikutnya juara ketiga pantomim oleh Alfitto Bagas dan Farrel Nur dari SD Negeri 2 Tremes Sidoharjo. Juara ketiga cabang tari jenjang SMP menyusul pentas dengan menampilkan Tari Pring Caping oleh Haibah Tryagustin, Hanifah Khairunisa, Malika Ulul, Hozana Gloria, dan Lintang Bunga dari SMP Negeri 1 Tirtomoyo. Pentas budaya sesi sore ini ditutup dengan menampilkan 100 peragawati Fashion Show dengan diringi lagu Bimbo, Musik Batik Fashion, dan Champion.

Sesi malam dimulai bakda isya dengan pagelaran reog SMK Muhammadiyah Wuryantoro yang digawangi oleh Wisang Bhaskoro Wimbo. Musik gamelan langsung mengiringi gerak reog yang tampil lengkap sejumlah 29 personel. Seni Ketek Ogleng SMK Negeri 2 Wonogiri menyusul tampil berikutnya dengan masih diiringi oleh musik gamelan. Kelincahan gerak penari Ketek Ogleng yang menjadi ciri khas Wonogiri ini tampil memukau penonton. Pada puncak pentas malam ini digelar seni ketoprak oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Wonogiri bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dengan menghadirkan bintang tamu Marwoto Kawer dan Bagong Ketoprak Balekambang. Pagelaran ketoprak dengan lakon “Lenggot Beksa Prawan Primbon Dumadine Ngadirojo” ini sekaligus sebagai ajang sosialisasi ketentuan di bidang cukai melalui media seni pertunjukan rakyat. Penonton yang hadir memadati Alun-alun Giri Krida Bakti begitu antusias menikmati pertunjukan seni sampai selesai. (SY, VLD, NWH)