Semarak Bulan Bahasa dan Sastra 2021: SD Negeri 1 Tempursari Siap Berkreasi

Oktober bukan hanya nama salah satu bulan dalam kelender Masehi melainkan bulan yang memiliki sejarah. Kita tahu bahwa 28 Oktober 1928 telah muncul peristiwa Sumpah Pemuda. Tentu saja momen sejarah itu perlu dimaknai dan diresapi atau bahkan dirayakan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menetapkan Oktober sebagai Bulan Bahasa dan Sastra. Mengapa demikian? Karena salah satu isi dari Sumpah Pemuda berkaitan dengan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

“Momen bulan bahasa ini sangat ideal untuk mengajak siswa berkreasi. Bisa diajak membuat puisi, pantun, ikrar sumpah pemuda, atau hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan berbahasa lainnya. Dalam masa pandemi seperti ini, siswa bisa memanfaatkan gawai. Jadi, gawai itu akan bermanfaat bagi mereka,” terang Irwanto, Kepala SD Negeri 1 Tempursari.

Seolah tidak ingin melewatkan momen Bulan Bahasa dan Sastra ini, SD Negeri 1 Tempursari memprogramkan beberapa kegiatan. Dewan guru bersama komite sekolah merencanakan kompetisi antarsiswa agar memacu keterampilan siswa dalam berbahasa. Kegiatan dilakukan secara terbuka dapat diikuti oleh semua siswa yang terdaftar aktif di SD Negeri 1 Tempursari ini. Kegiatan ini akan berlangsung mulai 11 Oktober 2021 hingga puncaknya nanti tanggal 28 Oktober 2021.

“Kami (dewan guru dan komite) telah sepakat. Bulan bahasa tahun ini kami isi dengan berbagai lomba seperti video ikrar sumpah pemuda untuk semua siswa, cipta puisi untuk kelas 4-6, lalu untuk yang kelas 1-3 kami adakan lomba menulis rapi. Kami berharap siswa antusias dengan kegiatan ini dan mau mengirimkan karya terbaik mereka,” tambah Sulimah yang menjadi koordinator kegiatan tersebut.

Kegiatan-kegiatan seperti ini tentunya akan sangat bermanfaat. Kegiatan ini akan memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Harapannya siswa menjadi lebih terampil dalam aspek berbahasa dan bisa memaknai momen Sumpah Pemuda dengan lebih baik.