Semangat Korwil Manyaran di Tengah Pandemi Covid 19

Di tengah mewabahnya pandemi covid 19, tidak menyurutkan semangat pendidik dan tenaga kependidikan Kecamatan Manyaran untuk berkoordinasi dibawah pembinaan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Manyaran, mengadakan vicon pada hari selasa tanggal 26 Mei 2020  dengan narasumber Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Manyaran dan Pengawas TK SD Kecamatan Manyaran, yang diikuti oleh KKKS dan anggota KKG se-Kecamatan Manyaran.

Acara yang dipandu oleh host Agus Dwi Saputro, S.Pd. dan moderator Sumarno, S.Pd. berlangsung dari pukul 09.00 sampai pukul 12.00 yang diikuti kurang lebih 59 partisipan, dengan materi yang up to date yaitu tentang kelulusan dan kenaikan kelas. Acara dibuka oleh Bapak Sumarno, S.Pd. selaku moderator dengan menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang, dilanjutkan dengan ucapan mohon maaf lahir dan batin karena masih suasana lebaran.

Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Ngadi, S.Pd. selaku narasumber pertama. Pertama beliau memberikan semangat dan ucapan terima kasih kepada partisipan yang hadir serta menyampaikan ucapan mohon maaf lahir dan batin, barulah kemudian beliau menyampaikan materi tentang Penjelasan Petunjuk Kenaikan Kelas dan Pengolahan Nilai Rapor Tahun Ajaran 2019/ 2020, Pengumuman kenaikan kelas disampaikan secara individual kepada peserta didik/ orang tua/ wali murid tanggal 20 Juni 2020 secara DARING maupun LURING, Pengolahan nilai rapor baik KK 2006 dan KK 2013. Pada penjelasan ini beliau juga mempraktekan secara DARING bagaimana cara menginput nilai rapor yang benar dan dari manakah nilai akhir itu diperoleh, yang bisa diikuti oleh partisipan.

Memasuki pada materi yang kedua disampaikan oleh beliau Ibu Sri Gunanti, S.Pd., M.Pd. tentang petunjuk kelulusan, yang beliau sampaikan antara lain; pada tanggal rapor ditulis tanggal 13 Juni 2020, sedangkan pada  mutasi rapor ditulis tanggal 16 Juni 2020, pada Kriteria Kelulusan Satuan Pendidikan mengacu Permendikbud Nomor 57 tahun 2015, imbuh beliau. Beliau juga menambahkan untuk penulisan Surat Keterangan Kelulusan antara lain; gambar kop berwarna hitam putih, nama SD tidak memakai kecamatan, karena di kop surat sudah ada, Data peserta didik sesuai dengan akta kelahiran, cap sekolah harus mengenai foto peserta didik, Kertas ukuran F4 dan lain-lain.