SEKOLAH ADIWIYATA TAHUN 2020 KABUPATEN WONOGIRI

Undang-undang No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, terdapat pada pasal dan ayat berikut:

  • Pasal 65 ayat 2:

Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan lingkungan hidup, akses informasi, akses paritisipasi, dan akses keadilan dalam memenuhi hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.

  • Pasal 65 ayat 4:

Setiap orang berhak untuk berperan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sesuai dengan peraturan perunadang-undangan.

  • Pasal 67:

Setiap orang berkewajiban memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mengendalikan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup.

Bagaimana kebijakan lingkungan di sekolah Kabupaten Wonogiri?

Merubah pola pikir bagi warga sekolah yaitu: pendidikan lingkungan (environmental education), pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (education for sustainable education). Mengembangkan “sekolah hijau” (Green School), sekolah adiwiyata.

Peran Sekolah Adiwiyata:

Adiwiyata sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Tujuan program mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

SD dan SMP yang telah memperoleh penghargaan Adiwiyata, oleh karena itu diharapkan dapat mengembangkan secara terus menerus dan menjadi model bagi sekolah lainnya dalam pengembangan sekolah adiwiyata di Kabupaten Wonogiri.

Untuk itu Bapak Ibu Korwil, Korwas, dan Pengawas dapat mendorong dan memanfaatkan sekolah yang sudah memperoleh penghargaan Adiwiyata dengan melakukan pendampingan terhadap sekolah lainnya agar mengembangkan program Adiwiyata.

Berikut sekolah pada jenjang SD maupun SMP di Kabupaten Wonogiri yang telah mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat: Kabupaten, Propinsi, Nasional, dan Mandiri.

Data bisa diunduh link dibawah ini:

Penghargaan Adiwiyata Jenjang SD Tahun 2017 s.d 2019

Penghargaan Adiwiyata Jenjang SMP Tahun 2017 s.d 2019

 

Mari Tetap Berinovasi dan Berkarya Dalam Membangun Negeri Melalui Pelestarian Lingkungan Hidup