Secara Tatap Muka di Gelar Pertemuan Reguler MGMP IPS Sub Rayon 04 Jatisrono

MGMP IPS Sub Rayon 04 Jatisrono, Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan pertemuan reguler pada hari Kamis, 1 Oktober 2020 bertempat di SMPN 2 Jatisrono secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokal kesehatan. Peserta maupun narasumber wajib untuk memakai masker, cek suhu badan sebelum masuk ruangan, serta cuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang sudah disediakan oleh panitia. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada Guru IPS di SR 04 agar dapat mengembangkan profesionalitas dan peningkatan karir guru.

Pertemuan ini menghadirkan pemateri Ketua MGMP IPS Rayon Wonogiri yaitu Bapak Witono, S.Pd. dan di ikuti oleh 43 guru mapel IPS di Sub Rayon 04 Wonogiri. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Bapak Sularto, S.Pd. selaku ketua MGMP IPS Sub Rayon 04. Beliau menyampaikan agenda yang akan dilaksanakan pada hari ini yaitu membahas tentang telaah strategi penyusunan laporan PKG dan seminar PTK dari Bapak Prasnowo Wibawanto, S.Pd. dari SMP Negeri 2 Girimarto. Sambutan berikutnya dari Bapak Basuki, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Jatisrono yang sekaligus sebagai Koordinator MGMP IPS Sub Rayon 04. Beliau menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bapak/Ibu guru mapel IPS SR 04 dan mohon maaf jika banyak kekurangan dalam memfasilitasi penyelenggaraan acara ini. Beliau juga menyampaikan ucapan selamat purna tugas kepada Ibu Retno Brotoningsih, S.Pd. selaku guru IPS SMPN 2 Girimarto dan selamat datang kepada Bapak Marmo, S.Pd. untuk bergabung di Sub Rayon 04. Pesan dan nasihat yang disampaikan oleh beliau pada intinya memberikan peluang seluas-luasnya kepada Bapak/Ibu guru yang masih muda untuk meningkatkan kreativitas dan kinerjanya.

Inti dari kegiatan ini disampaikan langsung oleh Bapak Witono, S.Pd. yang merupakan satu-satunya pemateri dalam kegiatan MGMP IPS Sub Rayon 04 Jatisrono. Sebelum menyampaikan inti materi beliau menyampaikan beberapa informasi antara lain:

  1. Pesan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri yaitu agar setiap kegiatan pendidikan dan pembelajaran direkam dan diunggah pada website yang sudah disediakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.
  2. Telah dibentuk Tim Kreatifdi Sub Rayon 04 yang bisa menjadi sarana untuk mengumpulkan dan mempublikasikansetiap kegiatan guru/sekolah/MGMP di website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri
  3. Data tentang perangkat pembelajaran bisa Bapak/Ibu guru lihat di website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan mapelnya masing-masing.

Sesuai dengan topik pertemuan “Menelaah Strategi Penyusunan Laporan PKG” materi yang disampaikan oleh Bapak Witono antara lain adalah PKG dengan Pola 360°. Pemerintah sebenarnya sudah mewajibkan PKG dengan pola ini sejak awal Januari 2019. Harapannya seluruh Guru IPS di Sub Rayon 04 Jatisrono mampu menyusun PKG sesuai dengan prosedur yang ditentukan dari Pemerintah dan dapat menyusun PKB sehingga menunjang karir guru.