SDN 2 Wonoboyo Kunjungi Sanggar Wayang Manyaran

Untuk mengenalkan tatah sungging dan mewarnai wayang, SDN 2 Wonoboyoo melaksanakan kegiatan Outing Class bagi siswa kelas 4 pada Selasa, 21 Maret 2023. Tujuan dari kegiatan ini adalah Sanggar Wayang Asto Kenyo Art yang beralamat di Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Rombongan berangkat dari SDN 2 Wonoboyo pada pukul 07.30. Selain mengenalkan tatah sungging dan teknik mewarnai wayang, kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan karakter Profil Pelajar Pancasila dan cinta pada budaya nasional serta memberikan suasana baru bagi siswa dalam belajar sehingga mampu membangkitkan motivasi untuk lebih giat belajar. 

Setelah menempuh perjalanan 45 menit rombongan sampai di lokasi dan disambut langsung oleh Retno Lawiyaani selaku pengelola Sanggar Wayang Asto Kenyo Art. Anak-anak sangat antusias menyimak dan memperhatikan penjelasan tentang bagaimana proses pembuatan wayang dari pemilihan bahan, media, teknis tatah sungging, hingga menentukan karakter dari masing-masing tokoh wayang. Di sesi tanya jawab, Sada siswa kelas 4 menanyakan bagaimana apabila wayang dibuat dari kardus. Penanya kedua, Akil bertanya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu tokoh wayang. Narasumber dengan jelas dan gamblang menanggapi kedua pertanyaan tadi. Sesi selanjutnya adalah melihat secara langsung proses pembuatan wayang. Semua peserta sangat antusias untuk mendapatkan pengetahuan baru. 

Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan mewarnai gambar tokoh wayang yang telah disediakan oleh pengelola sanggar. Anak-anak sangat bersemangat hingga tidak terasa sudah waktunya kembali ke sekolah. Sebelum pulang Sada dan Dara menyampaikan kesan dan pesan terkait perasaan dan pengalaman baru yang didapatnya hari ini.Tak lupa juga semua peserta membeli souvenir cantik berupa gantungan kunci tokoh-tokoh wayang dengan biaya yang sangat terjangkau. Kegiatan ditutup dengan ucapan terima kasih dari Wali Kelas 4 Noniek Dian Pratiwi kepada pengelola sanggar wayang karena sudah diterima dengan baik dan ramah. Harapannya semoga anak-anak dapat menjaga dan melestarikan warisan budaya yang adiluhung ini.