SDN 2 Sambirejo Gelar Pelatihan Sungkem dan MC Bahasa Jawa

SD Negeri 2 Sambirejo Slogohimo mengadakan kegiatan “ BERSABDA” (Belajar Bersama Sambirejo Dua) berupa Pelatihan Publik Speaking Bahasa Jawa. Ini adalah pelatihan yang kedua di awal tahun 2023. Sebelumnya SD Negeri 2 Sambirejo Slogohimo juga mengadakan pelatihan, tetapi dengan bahasa Indonesia. Pelatihan ini dipandu oleh Bejo, selaku pranatacara, dan mengundang narasumber Sarino, yang merupakan perangkat Desa Sambirejo dan juga Komite SDN 2 Sambirejo. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Uyik Suyanto, selaku Kepala SD Negeri 2 Sambirejo. Acara ini diikuti oleh 49 peserta, yang terdiri dari tenaga pendidik, lembaga keagamaan, dan aktivis masjid. Pelatihan ini diadakan untuk membekali parana sastra (unggah–ungguh bahasa Jawa ) yaitu bagaimana cara berbicara bahasa Jawa yang baik dan benar. Parana sastra, parana kawi, kawi carita, nawung krida, sambi kerep. Dalam kegiatan ini difasilitasi kaos Merdeka Belajar, sertifikat, materi kultum Ramadan dan ice breaking, serta didukung Mandiri Roti.

Acara diawali dengan pembukaan, doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan. DIlanjutkan dengan materi inti Pelatihan MC dan Sungkeman.

Pada acara inti di bagi menjadi beberapa bagian yaitu diantaranya bagaimana Intonasi, penentuan berbahasa, apa itu subyek dan apa itu obyek serta bagaimana tata berbicara kepada yang lebih tua, , dan tata cara ketika sungkem dalam halal bihalal serta cara menjawab ketika ada yang sungkem.

Seluruh peserta yang hadir sangat antusias dalam pelatihan ini, terlihat dari peserta yang praktik kedepan sangat semangat dan penuh percaya diri meskipun kadang ada gelak tawa.

Kami panitia berharap selepas acara pelatihan ini peserta bisa berbicara dengan baik dan benar dalam bahasa jawa ketika di masyarakat, sungkem dengan orang yang lebih tua ataupun menjadi MC dengan bahasa Jawa.