
SDN 2 Mlopoharjo Wuryantoro telah menciptakan inovasi media pembelajaran Si Pig Lari (Jumat, 20 Maret 2020). Pig-Pig Labirin atau Si Pig Lari adalah sebuah media berupa permainan berbasic pembelajaran. Rendahnya minat siswa terhadap materi yang diajarkan terutama tentang perkembangbiakan hewan disebabkan karena guru dalam menyampaikan materi pelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Hal tersebut membuat Giri Rahayuningsih guru SDN2 Mlopoharjo berupaya untuk mengaktifkan pembelajaran di kelasnya, mencari berbagai solusi untuk memecahkan kendala dalam pembelajaran. Upaya-upaya tersebut dengan cara mengubah kegiatan pembelajaran serta mengubah media pembelajaran yang digunakan. Solosi-solusi yang disiapkan guru dikomunikasikan dengan teman sejawat agar mendapatkan masukan untuk memecahkan kendala yang ada dengan menggunakan beberapa alternative solusi yang telah dibuat. Akhirnya terciptalah inovasi pembelajaran Pig-Pig Labirin atu disebut Si Pig Lari.
Si Pig Lari berupa papan persegi panjang dengan gambar babi. Di dalam gambar babi terdapat labirin-labirin dengan jalan-jalan yang berkotak-kotak disertai gambar berbagai jenis hewan di setiap kotaknya, dari hewan bersel satu hingga hewan bersel banyak. Kaki-kaki babi merupakan jalan masuk para pemain dengan pion-pion catur. Kepala babi merupakan pintu keluar dari labirin atau titik finish/akhir.
Kegiatan ini terfokus pada materi Perkembangbiakan Hewan khususnya pada kemampuan mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan baik hewan bersel satu hingga hewan bersel banyak. Kegiatan dilakukan dengan melaksanakan permainan menggunakan sebuah papan babi berbentuk labirin yang di dalamnya terdapat banyak gambar hewan, dari hewan bersel satu hingga hewan bersel banyak, dengan batas menggunakan sedotan, dadu dengan salah satu sisi bergambar babi, kartu reward, dan bendera.
Media inovatif ini dipilih dengan alasan; Siswa menyukai permainan kompetitif antar siswa secara fisik, Si Pig Lari dapat meningkatkan antusias dan minat siswa pada materi Perkembangbiakan Hewan, Si Pig Lari dapat membuat pembelajaran aktif dan menyenangkan, Si Pig Lari dapat membantu siswa untuk dapat memecahkan masalah, memilih strategi, dan mengambil keputusan, Si Pig Lari dapat melestarikan permainan fisik yang mulai tidak digemari siswa karena tergerus dengan permainan gadged, Si Pig Lari dapat digunakan untuk mupel yang lain dan kelas yang lain (dari kelas 1 sampai kelas 6). Inovasi Si Pig Lari ini terus dikembangkan dan di sosialisasikan ke Kelompok-kelompok Kerja Guru