SD Negeri 3 Mlopoharjo Gelar MPLS Secara Daring

Menindaklanjuti Instruksi Bupati No. 1 tahun 202, SE Kepala Dinas No. 422.2/3034 tahun 2021 dan koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten tentang pelaksanaan PJJ selama PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), maka untuk menyambut tahun pelajaran baru SD Negeri 3 Mlopoharjo pada Rabu, 14 Juli 2021 pukul 13.00 WIB mengadakan kegiatan daring dengan tema  “Hari Pertama Masuk dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)”. Kegiatan ini dilakukan dari tempat tinggal masing-masing menggunakan aplikasi Zoom. Kegiatan diawali dengan bacaan basmalah yang dipimpin oleh moderator, Yuni Kartika Sari.

Sambutan pertama disampaikan oleh kepala sekolah, Mifta Hidayat, sekaligus perkenalan sebagai kepala sekolah yang mengampu di SD Negeri 3 Mlopoharjo per-1 Juli 2021, di mana kepala sekolah  lama Sri Purwaningsih telah pensiun per 1 Juli 2021. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa sesuai edaran Bupati Wonogiri, tahun pelajaran 2021/2022 pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tetap dilaksanakan secara daring. Beliau juga berpesan agar seluruh warga sekolah, baik PTK maupun wali dan siswa mematuhi perturan pemerintah. Untuk kegiatan belajar mengajar bisa dikomunikasikan di WhatsApp Grup kelas masing-masing. Beliau mengatakan “Mari kita panjatakan puji syukur ke hadirat Allah yang masih memberikan kesempatan kepada kita untuk melakukan zoom meeting pada siang hari ini. MPLS dilakukan secara daring. Untuk pengenalan utamanya siswa kelas 1, baik pengenalan lingkungan dan warga sekolah. Untuk kelas 2 juga masih bisa ikut mengenal lingkungan, begitu juga dengan siswa pindahan SD lain.

Selanjutnya, acara diserahkan kepada moderator.  Satu per satu guru dikenalkan kepada peserta didik. Mulai  dari kelas 1 sampai kelas 6, guru penjasorkes, dan guru PABP.

Di tengah tengah perkenalan guru pada peserta didik, Bapak Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Wuryantoro, Mulyatno, ikut bergabung di Zoom meeting. Beliau dipersilakan memberi arahan kepaada peserta zoom. Beliau berpesan agar anak-anak tetap semangat dalam belajar walau secara daring, orangtua harus tetap bersabar dalam mendampingi putra putrinya dalam belajar dari rumah, dan para guru di harapkan menjalin komunikasi yang baik dengan wali, wali pun juga bisa langsung menyampaikan kepada guru jika ada kendala atau kesulitan dalam PJJ, melalui WhatsApp. “Terimakasih kepada guru SD Negeri 3 Mlopoharjo yang telah melaksanakan kegiatan daring MPLS ini, semangat dan sehat selalu, mudah-mudahan kedepannya bisa mendampingi siswa siswi belajar walau jarak jauh, rukun-rukun selalu guru dan wali murid, jalin komunikasi yang baik agar semua berjalan seperti yang kita harapkan” kata beliau.

Acara terakhir yaitu lain-lain, moderator menyampaikan informasi bahwa kegiatan PJJ akan diinformasikan lebih lanjut melalui WA. Tetap semangat di tengah pandemi, jangan lengah, tetap jaga imun iman dan aman.